Penyerahan

Penyerahan Online

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Transmisi?

Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?

Ke registrasi

 

Petunjuk Penulis

Naskah harus diserahkan menggunakan sistem pengajuan online setelah mendaftar sebagai Penulis di bagian "Penyerahan Online". Prosedur pengiriman daring dapat ditemukan di bagian akhir panduan ini.

Template 

Penulis harus menggunakan template naskah yang disediakan oleh Jurnal Transmisi. Panduan penulisan dapat diunduh di SINI.

Struktur naskah

Naskah dituliskan dengan struktur yang mengikuti sistematika sebagai berikut:

  1. Pendahuluan, terdiri dari latar belakang/motivasi, ulasan penelitian terdahulu dan gap analysis, serta kebaruan yang diulas pada naskah tersebut 
  2. Metode Penelitian (metodologi), mengulas cara untuk memperoleh hasil penelitian
  3. Hasil dan Analisis, menjabarkan hasil dari penelitian (dilengkapi dengan data yang relevan) serta diskusi dari hasil yang diperoleh. Disarankan untuk memberikan analisis, ulasan dan perbandingan dengan hasil-hasil dari publikasi yang lain. 
  4. Kesimpulan.
  5. Ucapan Terima Kasih (OPSIONAL), menunjukkan sumber dana dan pihak lain yang secara tidak langsung berkontribusi pada penulisan naskah
  6. Daftar Pustaka 
Nama bagian dapat diubah selama sesuai dengan konteks. Penambahan bagian diperkenankan selama tidak mengubah alur dan sistematika inti dari naskah.

Petunjuk umum
Setiap naskah yang dikirim ke editor Jurnal Transmisi harus mengikuti instruksi penulisan ini. Jika artikel tidak sesuai dengan panduan ini maka artikel itu akan dikembalikan ke penulis tanpa tinjauan lebih lanjut.

Ketentuan umum dalam penulisan naskah Transmisi adalah sebagai berikut:

  1. Naskah dapat ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris;
  2. Naskah ditulis dengan ejaan yang benar dan pengaturan paragraf yang sesuai dengan tata bahasa yang digunakan;
  3. Naskah harus ditulis dengan ukuran halaman A4 (210 x 297 mm) dan dengan margin kiri 25 mm, margin kanan 20 mm, margin bawah 20 mm, dan margin atas 30 mm;
  4. Isi naskah ditulis dengan huruf Times New Roman 10, spasi tunggal, rata kanan kiri, dengan ukuran kertas A4, margin atas 3.5 cm, margin bawah 2.5 cm, dan margin kanan kiri 2 cm. Jarak antara kolom kanan dan kiri adalah 0.5 cm. Antar paragraf diberi jarak 1 spasi
  5. Judul artikel ditulis dengan jenis huruf Times New Roman dengan ukuran font 14 pt, tebal dan berpusat.
  6. Jika naskah ditulis dalam bahasa Indonesia, gunakan kata-kata Indonesia yang setara untuk kata atau istilah asing. Jika tidak ditemukan, istilah asing ditulis dengan italic.
  7. Bagian-bagian dalam teks (Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan Analisis, dan Kesimpulan) harus diberi nomor dalam format numerik Romawi berurutan mulai dari nomor satu. Judul bab ini dicetak tebal tanpa garis bawah.
  8. Subbagian-subbagian ditulis dalam huruf tebal dengan format kalimat dan disusun rata kiri dan menggunakan format penomoran tingkat kedua (contoh: 1.1, 2.1 dst). Penggunaan subbagian harus diminimalkan.
  9. Gambar dan tabel ditempatkan sehingga posisinya ada di bagian atas atau bagian bawah halaman;
  10. Setiap gambar harus jelas (ukuran font, resolusi dan ukuran garis harus dicetak dengan jelas);
  11. Setiap gambar harus diberi keterangan di bagian bawah gambar dan angka Arab diikuti dengan judul gambar, misalnya seperti yang ditunjukkan pada Gambar 1;
  12. Setiap tabel harus diberi label (keterangan tabel) dan angka Arab di bagian atas tabel diikuti oleh judul tabel, misalnya seperti yang ditunjukkan pada Tabel 1;
  13. Tabel tidak boleh berisi garis vertikal, sedangkan garis horizontal hanya diberikan dalam judul tabel dan di bagian bawah tabel.
  14. Angka dan tabel dan diagram / skema harus ditempatkan sesuai dengan kolom antara kelompok teks atau jika mereka terlalu besar, mereka dapat ditempatkan di tengah halaman (satu kolom);
  15. Setiap persamaan disarankan ditulis menggunakan Equation Editor dalam MS Word atau Open Office. Persamaan tidak disarankan untuk disematkan dalam manuskrip sebagai gambar;
  16. Referensi atau kutipan menggunakan format IEEE (nomor).Pengutipan referensi dapat ditulis menggunakan penomoran yang dikelilingi tanda kurung siku, misalnya [1]. Mengutip lebih dari satu referensi dapat ditulis dengan tanda kurung terpisah, misalnya [2], [4], [5], [7] - [9].
  17. Mengutip referensi menggunakan nama penulis dapat ditulis menggunakan nama belakang penulis dan menyebutkan nomor referensi, misalnya sebagaimana tercantum dalam Susanto [2], Rahmat dan Setiawan [3] dan oleh Riyadi dkk. [4];
  18. Aplikasi referensi manajemen, seperti Mendeley, Zotero atau Endnote, sangat disarankan untuk digunakan oleh penulis ketika mengutip referensi dan membuat bibliografi dalam naskah;

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Artikel yang dikirim belum pernah dipublikasikan sebelumnya atau sedang dipertimbangkan di jurnal lain (Jika tidak, berikan penjelasan kepada editor dalam Komentar untuk Editor)
  2. Penulis yang mengirimkan naskah memahami bahwa jika diterima untuk publikasi, hak cipta dari artikel tersebut adalah milik Transmisi. Penulis harus menyerahkan Perjanjian Transfer Hak Cipta ke editor Transmisi.
  3. Penulis bersedia untuk mengikuti seluruh proses review sampai naskah dinyatakan diterima atau ditolak untuk publikasi. Jika ingin menghentikan proses, Penulis harus memberi tahu Editor dengan email untuk penarikan artikel.
  4. Artikel yang dikirimkan telah sesuai dengan TEMPLATE, dan dikirimkan menggunakan file .doc/docx atau PDF.
 

Pemberitahuan Hak Cipta

Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:

  1. Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
  2. Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).

 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan digunakan untuk tujuan lain atau didistribusikan ke pihak lain.