ANALISIS PENGARUH DYNAMIC SOURCE ROUTING DAN TEMPORALLY ORDERED ROUTING ALGORITHM TERHADAP TABRAKAN DATA PADA VANET

*Debby Tri Wulandari AM -  Jurusan Teknik Telekomunikasi, Universitas Telkom Jl. Telekomunikasi Terusan Buah Batu, Bandung 40257, Indonesia, Indonesia
Rendy Munadi -  Jurusan Teknik Telekomunikasi, Universitas Telkom Jl. Telekomunikasi Terusan Buah Batu, Bandung 40257, Indonesia, Indonesia
Ratna Mayasari -  Jurusan Teknik Telekomunikasi, Universitas Telkom Jl. Telekomunikasi Terusan Buah Batu, Bandung 40257, Indonesia, Indonesia
Dikirim: 31 Agu 2018; Diterbitkan: 28 Jan 2019.
Akses Terbuka Copyright (c) 2019 Transmisi

Citation Format:
Article Info
Bagian: Artikel Jurnal
Bahasa: ID
Teks Lengkap:
Statistik: 158 55
Sari

Perubahan yang sering terjadi dan banyaknya node dapat menyebabkan terjadinya collision atau tabrakan data pada VANET yang dapat menyebabkan terjadi packet loss yang tinggi, sehingga informasi yang dikirim tidak diterima. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah routing yang efisien dalam proses pengiriman data. Dynamic Source Routing (DSR) dan Temporally Ordered Routing Algorithm (TORA) merupakan jenis routing dalam wireless communication. DSR dan TORA termasuk jenis routing berbasis topologi yang bersifat reaktif, dimana jalur untuk menuju node tujuan akan ditentukan ketika paket routing telah sampai dinode tersebut. Hasil simulasi dengan perubahan jumlah node menunjukkan DSR memiliki nilai rata-rata throughput 443,204 kbps, packet delivery ratio 86,25%, packet loss 13,75%, delay 2,78 ms dan collision rate sebesar 0,12. Dan untuk TORA memiliki nilai rata-rata throughput 259,04 kbps, packet delivery ratio 41,97%, packet loss 57,98%, delay 2,81 ms dan collision rate sebesar 0,61.

 

 

Kata Kunci
VANET; Collision; DSR; TORA

Article Metrics:

  1. . P. Mutalik, S. Nagaraj, J. Vedavyas, R. V. Biradar, and V. G. C. Patil, “A comparative study on AODV, DSR and DSDV routing protocols for Intelligent Transportation System (ITS) in metro cities for road traffic safety using VANET route traffic analysis (VRTA),” 2016 IEEE Int. Conf. Adv. Electron. Commun. Comput. Technol. ICAECCT 2016, pp. 383–386, 2017.
  2. . R. Michoud and A. Mar, “Mobile Ad-Hoc Routing Protocols Survey for the Design of VANET Applications,” 2012.
  3. . W. Liang, Z. Li, H. Zhang, S. Wang, and R. Bie, “Vehicular Ad Hoc Networks : Architectures , Research Issues , Methodologies , Challenges , and Trends,” vol. 2015, 2015.
  4. . K. Deepa Thilak and A. Amuthan, “DoS attack on VANET routing and possible defending solutions-A survey,” 2016 Int. Conf. Inf. Commun. Embed. Syst. ICICES 2016, no. Icices, 2016.
  5. . N. S. Patel and S. Singh, “A Survey on Techniques for Collision Prevention in,” pp. 4–7, 2016.
  6. . K. Priya, “On the Selection of Efficient Routing Protocol for 802 . 11p Interface in VANET,” pp. 617–622, 2016.
  7. . T. E. Ali and L. A. Khalil, “Review and Performance Comparison of VANET Protocols: AODV, DSR, OLSR, DYMO, DSDV & ZRP,” 2016.
  8. . K. Majumder and S. K. Sarkar, “Performance analysis of AODV and DSR routing protocols in hybrid network scenario,” Proc. INDICON 2009 - An IEEE India Counc. Conf., vol. 2, no. 2, 2009.
  9. . P. Sankar, V. Lakshmi, and K. Aishwarya, “Study on the Performance of Ad-hoc Routing Protocols on vehicles,” pp. 656–661, 2011.
  10. M. Yadav, “Multi-Hop Wireless Ad-Hoc Network Routing Protocols- A Comparative Study of DSDV , TORA , DSR And AODV,” 2015.