skip to main content

PERANCANGAN INTEGRASI SISTEM INFORMASI AKADEMIK DENGAN E-LEARNING (Studi Kasus : Program Studi XYZ)

*Brav Deva Bernadhi  -  Industrial Engineering Departement Diponegoro University, Indonesia
Singgih Saptadi  -  Industrial Engineering Departement Diponegoro University, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Pertumbuhan akses informasi pada saat sekarang ini berjalan secara pesat. Masyarakat atau user untuk mendapatkan data atau informasi yang akurat, aktual, serta cepat dan mudah sekarang bukanlah hal sulit. Perkembangan internet pada saat ini semakin pesat dan tidak dapat dipisahkan dari dunia pendidikan. Terdapatnya sistem informasi dan internet yang terus berkembang, maka diciptakan suatu cara penyampaian pendidikan secara elektronik dengan bantuan internet. Sistem informasi yang dimaksud pada saat sekarang lebih dikenal dengan istilah elektronik learning (e-learning). E-learning adalah suatu sistem informasi yang membantu pembelajaran manual menjadi pembelajaran secara elektronik. Pada dunia pendidikan untuk membantu dosen dan mahasiswa untuk memanajemen mata kuliah, saat sekarang ini terdapat Sistem Informasi Akademik yang lebih disingkat dengan SIA. SIA adalah suatu sistem informasi yang mengelola dan mengolah semua data-data akademik yang berada di bidang akademik. KRS online yang berada di SIA berhubungan erat dengan mata kuliah yang akan terisi pada e-learning. Dari pandangan kebutuhan tersebut, ada baiknya kedua sistem informasi tersebut digabungkan sehingga dengan user mengisi SIA, maka sistem e-learning yang berhubungan dengan mata kuliah yang diikuti akan terupdate dengan sendirinya dan perlu didesain sedemikian rupa agar kedua sistem informasi tersebut dapat berjalan dengan baik dan dapat digunakan oleh para user. Pendekatan ergonomis yang diperlukan untuk sistem tersebut adalah Human Computer Interaction (HCI) sehingga sistem yang dikembangkan akan nyaman, mudah dan aman digunakan oleh user atau dengan kata lain adalah user friendly. Jurnal ini disusun dengan tujuan untuk mengembangkan suatu sistem integrasi SIA dengan e-learning sehingga dapat membantu dan mempermudah aktifitas pembelajaran di Perguruan Tinggi.

 

 

 

ABSTRACT

 

Growth of access to information at the present time is running fast. Public or the user to obtain data or information that is accurate, current, and a quick and easy right now is not difficult. The development of the Internet in today's increasingly rapidly and can not be separated from the world of education. Presence information systems and the Internet continues to grow, then created a way of delivering education electronically with the help of internet. The information system is at present better known as electronic learning (e-learning). E-learning is an information system that helps instructional manual to electronic learning. In the world of education to enable faculty and students to manage course, nowadays there are more Academic Information System shortened by SIA. SIA is an information system that manages and processes all the data of academic residing in the academic field. KRS SIA online that are closely related to the subjects that will be filled in e-learning. From the view of these needs, it helps both information systems are combined so that the user fills in SIA, the e-learning systems relating to subjects who follow will update itself and needs to be designed so that both the information system can run well and can used by the user. Ergonomic approach is needed for these systems is the Human Computer Interaction (HCI) so that the developed system will be convenient, easy and safe to use by the user, or in

 

 

 

 

 

 

other words is user friendly. These journals are intended to develop a system AIS integration with e-learning in order to assist and facilitate the activities of learning in Higher Education.

Fulltext View|Download
Keywords: ICT, HCI, SIA, e-learning, ergonomi IT

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-23 18:54:47

No citation recorded.