Submissions

Online Submissions

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

Already have a Username/Password for J@ti Undip : Jurnal Teknik Industri?

Go to Login

Need a Username/Password?

Go to Registration

 

Author Guidelines

J@ti Undip: Jurnal Teknik Industri merupakan jurnal yang melingkupi semua aspek dalam disiplin ilmu teknik industri yang diterbitkan oleh Universitas Diponegoro sejak tahun 2006 dan terbit tiga kali dalam satu tahun.

Petunjuk Umum Penulisan J@ti Undip: Jurnal Teknik Industri

  • Naskah dapat ditulis dalam bahasa Indonesia atau Inggris,
  • Naskah ditulis dengan ejaan, kalimat dan pengaturan paragraf yang benar sesuai dengan tata bahasa yang digunakan,
  • Naskah harus ditulis dengan ukuran halaman A4 (210 x 297 mm) dan dengan margin kiri 25 mm, margin kanan 20 mm, margin bawah 20 mm, dan margin atas 30 mm,
  • Naskah harus ditulis dengan Times New Roman jenis font dengan ukuran huruf 10 PT (kecuali judul artikel), spasi satu, dan dalam format dua kolom (kecuali judul artikel dan nama penulis serta abstrak). Jarak antara kolom adalah 5 mm (0,2 inci)
  • Judul artikel ditulis dengan jenis huruf Times New Roman ukuran font 14 PT, Bold dan centered
  • Jika naskah ditulis dalam bahasa Indonesia, gunakan kata bahasa Indonesia yang setara dengan kata atau istilah asing. Jika tidak ditemukan, istilah asing ditulis dalam Italic
  • Paragraf baru dimulai 10 mm dari batas kiri (indent), sedangkan antara paragraf tidak jarak antara
  • Bab dalam teks (pendahuluan, metode penelitian, hasil dan pembahasan, dan kesimpulan) harus diberi nomor nomor format penomoran Arab berurutan mulai dari nomor satu. Judul Bab ditulis dalam huruf tebal dengan format judul dan diatur centered tanpa garis bawah.
  • Gambar dan tabel ditempatkan pada posisi di bagian atas halaman.
  • Setiap gambar harus jelas (ukuran font, resolusi dan ukuran garis harus dicetak dengan jelas).
  • Setiap gambar harus diberi keterangan (caption bawah) di bagian bawah gambar dan serial bernomor angka Arab diikuti dengan judul gambar, misalnya seperti yang ditunjukkan pada gambar 1.
  • Setiap tabel harus diberi label (judul tabel) dan nomor seri angka Arab di bagian atas tabel diikuti dengan judul tabel, misalnya seperti yang ditunjukkan pada tabel 1.
  • Tabel tidak boleh berisi garis vertikal, sedangkan garis horizontal hanya diberikan dalam heading tabel dan di bagian bawah tabel.
  • Gambar dan tabel dan diagram/skematik harus ditempatkan menurut kolom di antara grup teks atau jika terlalu besar, mereka dapat ditempatkan di tengah halaman (satu kolom).
  • Setiap persamaan harus ditulis menggunakan equation editor di MS Word atau Open Office. Persamaan tidak diperbolehkan untuk dimasukkan dalam naskah sebagai gambar.

Petunjuk Khusus Penulisan J@ti Undip: Jurnal Teknik Industri

  • Artikel ditulis menggunakan bahasa Indonesia yang baku sesuai dengan ejaan yang disempurnakan.
  • Abstrak ditulis menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris serta memuat 150-200 kata.
  • Abtrak memuat permasalahan yang akan dikemukakan, metode pemecahan masalah, hasil atau temuan, serta simpulan yang diperoleh.
  • Judul artikel harus dituliskan secara singkat dan jelas; harus menunjukkan dengan tepat masalah yang hendak dikemukakan; tidak memberi peluang penafsiran yang beraneka ragam; tidak boleh mengandung singkatan kata yang tidak umum digunakan.
  • Menulis nama pengarang tanpa judul dan posisi profesional seperti Prof, Dr, manajer produksi, dll. Jangan menyingkat nama belakang/keluarga Anda. Selalu berikan nama depan dan belakang Anda. Menulis afiliasi jelas dari semua penulis. Afiliasi termasuk nama departemen/unit, fakultas, nama universitas, alamat, negara. Tolong sebutkan Penulis Koresponden (termasuk alamat email) dengan menambahkan tanda bintang (*) di belakang nama
  • Bagian Pendahuluan menguraikan secara jelas tentang: (i) latar belakang umum kajian; (ii) state of the art (kajian review literatur singkat) mengenai penelitian-penelitian sebelumnya (yang mirip) untuk menjustifikasi kebaruan dari suatu artikel; (iii) gap analysis atau pernyataan kesenjangan atau kebaruan (novelty statement) atau beda unik penelitian ini dibanding penelitian-penelitian sebelumnya; (iv) permasalahan dan/atau hipotesis (jika ada); (v) cara pendekatan penyelesaian masalah (jika ada); (vi) hasil yang diharapkan atau tujuan penelitian.
  • Bagian Metode atau tata kerja penelitian telah ditulis secara jelas sehingga percobaan atau penelitian dapat diulang dengan hasil yang sama.
  • Bagian Hasil dan Pembahasan memuat: (i) (what/how) apakah data yang disajikan telah diolah (bukan data mentah), dituangkan dalam bentuk tabel atau gambar, serta diberi keterangan yang mudah dipahami?; (ii) (why) apakah pada bagian pembahasan terlihat adanya kaitan antara hasil yang diperoleh dan konsep dasar dan/atau hipotesis?; (iii) (what else) apakah ada kesesuaian atau pertentangan dengan hasil penelitian orang lain?; (iv) juga disarankan dituliskan tentang implikasi hasil penelitian baik teoretis maupun aplikatif.
  • Bagian Kesimpulan berisi secara singkat dan jelas tentang: (i) cukup menjawab permasalahan atau tujuan penelitian; (ii) juga merupakan simpulan dari penulis secara logis dan jujur berdasarkan fakta yang diperoleh; (iii) boleh ditambahkan implikasi atau saran (tidak wajib).
  • Bagian Kesimpulan sebaiknya dituliskan dalam bentuk paragraf, bukan dalam bentuk item list/numbering.
  • Bagian Daftar Pustaka telah ditulis dengan benar sesuai dengan petunjuk penulisan dan sebaiknya menggunakan sistem sitasi Mendeley, Endnote, atau Grammarly. Semua referensi yang dirujuk dalam teks artikel harus dicantumkan di bagian referensi. Referensi harus berisi setidaknya 10 (sepuluh) referensi dari 80% sumber primer (jurnal ilmiah, proses konferensi, buku referensi penelitian) yang diterbitkan dalam waktu 5 (lima) tahun.
Prinsip-prinsip dasar penyuntingan artikel:
  • Jangan membuat perubahan pada template yang ada.
  • Gambar dan Tabel harus dirujuk di dalam teks, begitu pula sebaliknya.
  • Semua pustaka harus dirujuk di dalam teks, begitu pula sebaliknya.
  • Istilah-istilah kebahasaan harus terdaftar di KBBI (jika bahasa Indonesia) dan Standard English Dictionary (jika bahasa Inggris).

Petunjuk Penulisan Artikel dan template dalam MS.Word (.doc): [unduh template dan petunjuk penulis dalam MS. Word di sini]

Petunjuk Penulisan Artikel dan template dalam PDF (.pdf): [unduh template dan petunjuk penulis dalam PDF di sini]

 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Artikel belum pernah dipublikasikan sebelumnya atau di-submit pada jurnal lainnya. (Tingkat kemiripan artikel akan kami cek dengan tools TurnItIn.)

  2. Artikel sudah sesuai dengan template yang disediakan (Author Guidelines).

  3. Informasi semua penulis (nama, afiliasi, alamat, dan e-mail) sudah disertakan dengan benar.

  4. Artikel sudah mempertimbangkan petunjuk umum penulisan dan prinsip-prinsip dasar penyuntingan artikel (yang tertulis pada Author Guidelines).
 

Copyright Notice

Penulis yang mempublikasikan artikel pada jurnal J@ti Undip : Jurnal Teknik Industri ini setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Hak cipta dari suatu artikel akan ditransfer ke Universitas Diponegoro sebagai penerbit dari J@ti Undip: Jurnal Teknik Industri ketika artikel diterima untuk publikasi. Transfer cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel, termasuk mencetak ulang, menerjemahan, reproduksi fotografi, mikrofilm, bentuk elektronik (offline atau online), atau reproduksi lain yang sejenis.
  • Penulis menjamin bahwa isi artikel adalah asli dan bertanggung jawab penuh atas hak cipta dari bagian-bagian yang dikutip dari artikel yang dari sumber asli lainnya.
  • Ketika penulis meng-upload artikel pada suatu website tertentu, penulis harus menjelaskan bahwa sumber artikel adalah jurnal J@ti Undip: Jurnal Teknik Industri dan bahwa Universitas Diponegoro adalah pemegang hak cipta, dan harus membuat link ke situs jurnal: http://ejournal.undip.ac.id/index.php/jgti/

 

Privacy Statement

Nama dan alamat e-mail yang dimasukkan di situs jurnal ini hanya digunakan secara eksklusif untuk tujuan dari jurnal ini dan tidak akan digunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.