PENGGUNAAN SANDWICH PLATE SYSTEM (SPS) PADA KONSTRUKSI INNER BOTTOM

DOI: https://doi.org/10.14710/kpl.v12i2.8348

Article Metrics: (Click on the Metric tab below to see the detail)

Article Info
Submitted: 20-03-2015
Published: 09-06-2015
Section: Research Articles
Fulltext PDF Tell your colleagues Email the author

Perkembangan teknologi yang semakin maju memberikan alternatif-alternatif dalam memperbaiki berbagai bentuk sistem, termasuk di dalamnya konstruksi struktur kapal. Latar belakang dari penelitian ini adalah pada permasalahan kebutuhan material ringan pada kapal, kecepatan proses produksi, penyederhanaan konstruksi dan biaya perawatan kapal yang rendah. Penggunaan material ringan Sandwich Plate System (SPS) menjadi salah satu jawaban dari permasalahan-permasalahan tersebut, penggunaan SPS dapat menyederhanakan bentuk dari konstruksi kapal dengan menghilangkan penegar inner bottom longitudinal dan mampu mengurangi Light Weight Tonnase (LWT). Artikel ini membahas perbandingan pola distribusi tegangan dan deformasi pada konstruksi bottom yang menggunakan SPS dan baja AH36, selain dari itu juga mengetahui seberapa besar pengurangan LWT yang dihasilkan untuk meningkatkan Payload kapal.

Analisa dilakukan dengan simulasi numerik berdasarkan FEM pada konstruksi inner bottom dengan pembebanan muatan. Dari hasil simulasi didapatkan besar tegangan maksimal untuk material baja AH36 sebesar 226 Mpa dengan menggunakan penegar, sedangkan konstuksi dengan material SPS tegangan maksimal yang dihasilkan sebesar 221 Mpa tanpa penggunaan penegar, dengan deformasi maksimal untuk AH36 dan SPS yaitu 77 mm yang terjadi pada bagian tengah blok konstruksi inner bottom. Dengan hilangnya penegar berat konstruksi berkurang sebesar 13,05% dari penggunaan material baja AH36 sehingga memberikan peningkatan payload sebesar 13,05%. Simulasi penelitian dilakukan pada kapal Bulk Carrier (BC).

Keywords

Sandwich Plate System(SPS), Finite Element Method (FEM), LWT, Payload, Inner Bottom Plate,

  1. Ahmad Baidowi 
    Postgraduate of Marine Technology FTK ITS, Indonesia
  2. Edy Utomo 
    postgraduate of Marine Technology FTK ITS, Indonesia
  3. Fiqih D.K 
    postgraduate of Marine Technology FTK ITS, Indonesia
  4. Hery Indria 
    postgraduate of Marine Technology FTK ITS, Indonesia
  1. Brooking.M.A and Kennedy.S.J, ”The Performance, Safety and Production Benefits of SPS Structures for Double Hull Tankers”, in proceedings of the RINA conference on Double Hull Tankers, 25-26.02.2004, London, UK, PP.1-2.
  2. Momcilovic.N and Motok.M, “Estimation of Ship Lightweight Reduction by Means of Application of Sandwich Plate System”, Faculty of Mechanical Engineering, University of Belgrade, Serbia, 2009.
  3. Llyod’s Register, “Provisional rules for the application of Sandwich panel construction to ship structure”, Llyod’s Register, UK, 2007.
  4. Logan Daryl. L, “A Frist Course in The Finite Element Method Fourth Edition”, University of Wisconsin – Platteville, Copyright by Nelson Advision of Thomson Canada, Thomson Learning 5 Shenton way #01-01 UIC Buildding, Singapore, 2007.
  5. Alisjahbana.S.W, “Basic Principles of Finite Element Method”, Universitas Tarumanegara, Jakarta, Indonesia, 1998.
  6. IE, “SPS The Sandwich Plate System Heavy Engineering Composite From Intelligent Engineering”, http://www.ie-sps.com
  7. Lloyd’s Register, “Common Structural Rules for Bulk Darriers”, Lliyod’s Register, UK, 2007.
  8. SAP2000, “Linier and Nonlinear Static and Dynamic Analysis and Design of Three Dimensional Structures”, Computer and Structures, Inc, University Ave Berkeley, California, US, 1978-2011.