Pemberitahuan Redaksi

Puji syukur marilah kita panjatkan kepada Tuhan yang Maha Kuasa karena atas rahmat, kuasa, dan hidayah-Nya, redaksi dapat bersua dengan pembaca setia jurnal ‘Masalah-Masalah Hukum’ dalam versi elektronik  ini. Keterlambatan penerbitan jurnal ‘Masalah-Masalah Hukum’  Jilid 43 No. 4, Oktober 2014 sampai dengan Jilid 44 No. 4, Oktober 2015 ke dalam versi online ini kiranya dapat dimaafkan oleh pembaca sekalian. Namun, langkah ini tidak bisa ditawar-tawar lagi bagi Pengelola Jurnal terakreditasi seperti ‘Masalah-Masalah Hukum’ karena hadirnya sistem pengelolaan akreditasi terbitan berkala ilmiah nasional secara elektronik, yang  disebut Sistem Akreditasi Jurnal Nasional (ARJUNA).

Jurnal ‘Masalah-Masalah Hukum’ sendiri akan mengajukan permohonan akreditasi pada tahun 2017 mendatang, sehingga pengunggahan jurnal ke dalam versi elektronik menjadi sebuah kewajiban bagi kami, tim redaksi. Oleh karena itu, mengingat adanya transisi pedoman pengelolaan akreditasi yang lama dengan yang baru yakni ARJUNA, maka tim redaksi  jurnal ‘Masalah-Masalah Hukum’ juga senantiasa menyesuaikan pedoman penulisan jurnal demi perbaikan yang dikehendaki oleh penilaian berbasis ARJUNA. Melalui kesempatan ini, tim redaksi telah melakukan penyesuaian seperti dimaksud mulai jurnal Jilid 45 No. 1 (penerbitan tahun 2016), sehingga penerbitan jurnal sebelum Jilid 45 masih dilakukan berdasarkan pedoman penulisan yang lama.

Mengingat jurnal No. 4 Tahun 2015 kami kemungkinan besar menjadi bagian daripada objek penilaian akreditasi mendatang (karena termasuk 6 nomor penerbitan terakhir), maka melalui kesempatan ini kami sampaikan bahwa jurnal No. 4 Tahun 2015 tersebut memang masih dikelola berdasarkan pedoman penulisan jurnal yang lama. Oleh karenanya, konsistensinya dengan jurnal kami selanjutnya (No. 1 Tahun 2016) otomatis tidaklah sama. Hal ini perlu kiranya kami sampaikan di awal ini untuk menjawab pertanyaan Assesor perihal konsistensi enam nomor terakhir, nantinya pada saat penilaian akreditasi.

Demikian, atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih.

                                                                                                                       Redaksi