Kinetika Pertumbuhan Dan Produksi Inulinase Fusan F7

*Wijanarka Wijanarka -  Departemen Biologi Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro, Indonesia
Endang Sutariningsih Soetarto - 
Kumala Dewi - 
Ari Indrianto - 
Published: 19 Dec 2013.
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: EN
Full Text:
Statistics: 237 908
Abstract

Pertumbuhan dapat diartikan sebagai suatu pertambahan bagian-bagian sel. Adanya     pertumbuhan sel biasanya dapat diketahui dengan adanya pertambahan ukuran dan     pembelahan sel. Populasi sel khususnya mikroba  secara kuantitatif atau kualitatif dapat digunakan untuk memantau atau mengkaji fenomena pertumbuhan.

Enzim inulinase (E.C. 3.2.1.7) adalah enzim yang mampu merombak substrat inulin menjadi monomer fruktosa. Fruktosa merupakan bahan baku (doctoring agent) untuk proses  pembuatan FOS, IOS, pulullan, aseton dan sorbitol.

Tujuan  penelitian ini adalah untuk mengetahui kinetika kecepatan pertumbuhan specifik (µ), waktu generasi (g) dan aktivitas inulinase yang dihasilkan oleh fusan F7.  Fusan F7 merupakan hasil fusi antara Pichia manshurica dan Rhodosporidium paludigenum.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Fusan F7 mempunyai kecepatan pertumbuhan specific (µ)  sebesar 0.3299 jam dengan waktu generasi (g) 2.1012 jam dan aktivitas enzim inulinase yang dihasilkan sebesar  0.5337 IU. Hasil tersebut  terletak diantara kedua parentalnya yaitu P. manshurica (µ= 0.27935 jam; g = 2.4815 jam dan aktivitas = 0.557 IU) dan Rh. paludigenum (µ= 0.3787 jam; g = 1.8304 jam dan aktivitas = 0.3263 IU).

 

Kata kunci : Pertumbuhan;  fusan F7; inulinase ; umbi dahlia

Article Metrics: