Pengaruh Pencucian Sel Terhadap Pertumbuhan dan Nilai Nutrisi Chaetoceros gracilis

*Diana Chilmawati  -  Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNDIP, Indonesia
Suminto Suminto  -  Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNDIP, Indonesia
Published: 3 Jan 2012.
Open Access

Citation Format:
Abstract

Kuantitas dan kualitas sel diatom, Chaetoceros gracilis menjadi pembatas utama dalam produksi perikanan di hatchery.  Diduga kultur diatom mengalami pertumbuhan yang tidak stabil karena terkontaminasi oleh bakteri atau mikroorganisme lain.  Sel diatom tersebut akan mengalami penurunan produksi dan nilai nutrisinya dan apabila digunakan sebagai pakan alami akan menghambat pertumbuhan dan perkembangan larva.  Salah satu cara untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan pencucian sel bibit / inokulan diatom yang dibudidayakan.

Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji pengaruh pencucian sel terhadap pola pertumbuhan sel diatom (C. gracilis) dan nilai nutrisi atau kandungan protein sel diatom tersebut pada fase kepadatan maksimum. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan yaitu tanpa pencucian sel; satu kali pencucian sel; dua kali pencucian sel dan tiga kali pencucian sel.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencucian sel berpengaruh nyata (p<0,05) terhadap pola pertumbuhan sel diatom (C. gracilis) dimana dapat mempersingkat durasi waktu adaptasi, memperpanjang fase stasioner dan menghasilkan kepadatan sel maksimum lebih tinggi.  Pencucian sel juga dapat meningkatkan nilai nutrisi atau kandungan protein sel diatom (C. gracilis) pada fase kepadatan maksimum.

 

KATA-KATA KUNCI : pencucian sel diatom, Chaetoceros gracilis, pertumbuhan dan nilai nutrisi

Article Metrics: