Karakteristik Pola Arus Dalam Kaitannya dengan Kondisi Kualitas Perairan dan Kelimpahan Fitoplankton di Perairan Kawasan Taman Nasional Laut Karimunjawa

*Muhammad Yusuf  -  Jurusan Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan , Indonesia
Gentur Handoyo  -  Jurusan Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan , Indonesia
Muslim Muslim  -  Jurusan Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan , Indonesia
Sri Yulina Wulandari  -  Jurusan Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan , Indonesia
Heriyoso Setiyono  -  Jurusan Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan , Indonesia
Published: 10 Oct 2012.
Open Access

Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: EN
Full Text:
Statistics: 1000 4837
Abstract

Perairan Kepulauan Karimunjawa memiliki karakteristik yang spesifik secara geografis maupun ekologis karena terletak di tengah lautan yang jauh dari daratan utama, dikelilingi oleh banyak pulau-pulau kecil dan hamparan terumbu karang, sehingga perairannya termasuk semi tertutup. Kondisi ini memberikan keuntungan karena menjadi daerah jebakan unsur hara. Arah dan pola sebaran spasial unsur hara (nitrat dan fosfat) dan Fitoplankton sangat dipengaruhi oleh bagaimana arah dan kecepatan arus yang terjadi serta tipe dan kondisi perairan yaitu semi tertutup. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pola arus (arah dan kecepatan) dalam kaitannya dengan kondisi kualitas perairan terutama sebaran nitrat, fosfat, dan kelimpahan individu fitoplankton di perairan Kawasan Taman Nasional Karimunjawa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa arah arus dari hasil model adalah dominan menuju ke arah Barat, dan hasil ini sesuai dengan arah arus dari pengukuran secara in-situ di stasiun-stasiun yang diteliti. Kecepatan arus maksimal untuk permukaan laut termasuk kategori sedang, yaitu sebesar 0,309 m/detik dengan kecepatan rata-rata 0,055 m/detik. Dilihat dari arah sebaran paramater kualitas air terutama nitrat dan fosfat menunjukkan bahwa konsentrasi yang relatif lebih besar berada di pulau-pulau yang terletak di sebalah Barat, seperti P. Parang dan P. Nyamuk (nitrat), dan P. Nyamuk untuk unsur fosfat. Kelimpahan fitoplankton yang tinggi juga terdapat di pulau-pulau yang lokasinya terletak di sebalah Barat seperti pulau Parang (sisi Timur dan Selatan), dan pulau Nyamuk (semua sisi). Ada kecenderungan bahwa arah sebaran parameter kualitas air yang memiliki konsentrasi lebih tinggi terutama suhu, pH, oksigen terlarut, dan nitrat ternyata mengikuti arah sebaran arus yang tejadi.

 

Kata Kunci: Pola Arus, Kualitas Perairan, Fitoplankton, Karimunjawa.

Article Metrics: