skip to main content

ANALISIS PENGARUH PERKEMBANGAN INDIKATOR SEKTOR KEUANGAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA SELAMA TAHUN 1980-2019

-, Indonesia


Citation Format:
Abstract

Perkembangan sektor keuangan akan meningkatkan permintaan jasa keuangan dan mendorong naiknya pertumbuhan ekonomi. Tujuan penelitian ini menganalisis pengaruh rasio broad money per PDB, rasio kredit per PDB, rasio investasi per PDB, dab rasio pengeluaran per PDB terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia selama tahun 1980-2019.

Data  indikator sektor keuangan dan pertumbuhan ekonomi merupakan data sekunder yang bersumber dari World Bank. Data merupakan data runut waktu dari tahun 1980-2019. Metode analisis data yang digunakan adalah Error Correction Model.

Hasil penelitian menunjukkan rasio broad money per PDB, rasio kredit per PDB, dan rasio pengeluaran pemerintah per PDB terhadap pertumbuhan ekonomi positif signifikan jangka pendek dan jangka panjang. Rasio investasi per PDB terhadap pertumbuhan ekonomi positif signifikan dalam jangka panjang dan positif tidak signifikan dalam jangka pendek. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa sektor keuangan berperan aktif dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  Research Instrument
Untitled
Subject
Type Research Instrument
  Download (16KB)    Indexing metadata
Keywords: Error Correction Model; indikator sektor keuangan; pertumbuhan ekonomi

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.