skip to main content

Harmoni Perkembangan Seni Impresionisme dan Pemikiran Henri Bergson

*Dika Sri Pandanari orcid  -  Bina Nusantara University, Indonesia
Open Access Copyright 2024 Endogami: Jurnal Ilmiah Kajian Antropologi under http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0.

Citation Format:
Abstract

Seni lukis impresionisme disebut sebagai anak dari realisme, namun justru melahirkan berbagai aliran lain yang sangat jauh dari realisme seperti kubisisme, pointilisme, hingga abstrak, dan surrealisme. Selanjutnya muncul pertanyaan mengenai bagaimana klaim kebenaran seniman impresionisme atas realitas sebelumnya telah ditentukan oleh para pelukis realisme akademis. Konteks perkembangan seni Impresionisme di abad ke-19 lahir bersamaan dengan konteks hidup Henri Bergson, seorang filsuf pengetahuan dari Pracis yang sangat dihormati karena telah merumuskan mengenai struktur pikiran dalam menemukan realitas. Keduanya lahir di Paris di saat perkembangan politik, ekonomi, dan kebudayaan Prancis berkembang. Kesamaan konteks ini selanjutnya menjadi tesis dasar dari penelitian ini untuk melihat harmonisasi antara perkembangan impresionisme dan pemikiran Bergson, yang selanjutnya menghasilkan gebrakan baru baik dalam gerakan seni, klaim kebenaran estetik, dan konsep realitas yang lebih baru. Penelitian ini secara khusus ditujukan untuk menemukan garis besar kesamaan antara pemikiran Henri Bergson dan konsep dalam gerakan seni lukis impresionisme. Penelitian ini menemukan bahwa kesamaan konteks hidup Bergson dan gerakan seni lukis impresionis menyepakati tiga hal yaitu penolakan pada nilai absolut, penghargaan pada pengalaman subjektif, dan kemampuan subjektif dalam berkreasi.

Fulltext View|Download
Keywords: Henri Bergson, Seni Lukis, Impresionisme, Paris

Article Metrics:

  1. Atkinson, Paul. “Henri Bergson and Visual Culture: A Philosophy for New Aesthetic”. Bloomsbury Academic: London (2020)
  2. Barasch, Moshe. Modern Theory of Art (2) From Impressionism to Kadinsky. New York University Press. New York. 1998
  3. Bergson, Henri. Creative Evolution, tr., Arthur Mitchell, New York: Dover, 1998
  4. Bergson, Henri. Matter and Memory, tr., N.M. Paul and W.S. Palmer, New York: Zone Books, 1994
  5. Bergson, Henri. The Creative Mind, tr., Mabelle L. Andison, New York: The Citadel Press, 1992
  6. Bergson, Henri. Time and Free Will: An Essay on the Immediate Data of Consciousness, tr., F.L. Pogson, Montana: Kessinger Publishing Company, original date, 1910
  7. Bolton, Linda. Art Revolution: Impressionism. Peter Bedrick Books. New York. 2000
  8. Cutting, James E. Impressionism and Its Canon. University Press of America. Ithaca. 2005
  9. Denvir, Bernard. Post-Impressionism. Thames and Hudson. London. 1992
  10. Green, Richard. The Spirit of Impressionism. Cleveland Museum of Art Press. London. 2013
  11. Hyman, J. (2006). The objective eye. The University of Chicago Press
  12. Mattz, Jesse. Literary Impressionism and Modernist Aesthetics. Cambridge University Press. New York. 2003
  13. Pearson, Keith Ansell and John Mullarkey (ed.). Bergson: Key Writings, London: Continuum, 2002
  14. Powell-Jones, Mark. Impressionism. Phaidon. Michigan. 1994
  15. Rewald, John. Studies in Impressionism. Harry N. Abrams, Publishers. New York. 1985
  16. Suryajaya, Martin.(2016). Sejarah estetika: era klasik sampai kontemporer. Gang Kabel. Jakarta
  17. Susilowati, Anna. (2014). Kembalinya realisme seni kontemporer sebagai penyebab kemunculan seni rupa realisme di setiap zaman. Visualita, vol. 9, no. 1, pp. 181-194, Nov. 2020
  18. Tucker, Paul. The First Impressionist Exhibition and Monet's Impression, Sunrise: a Tale of Timing, Commerce and Patriotism. Art History. Vol. 7 No. 4. December 1984. https://doi.org/10.1111/j.1467-8365.1984.tb00117.x
  19. Wang, Xuning. (2010). Realist painting and its relationship to my creative practice. Edith Cowan University
  20. Xhignesse, M.A. (2022). Quatremère de quincy’s moral considerations on the place and purpose of works of art: Introduction and Translation. The Journal of Aesthetics and Art Criticism, 80(4), 520–523. https://doi.org/10.1093/jaac/kpac044
  21. Young, Marnin. (2015). Realism in the age of impressionism. London: Yale University Press
  22. Jakobson, Roman. (1987). On realism in art. Belknap Press - Harvard University Press. London
  23. Beiser, Frederick C. (2009). Diotima’s children: germany aesthetic rationalism from leibniz to lessing. New York: Oxford University Press
  24. Prinz, Jesse. (2021). Realism relativized: a cultural-historical approach to what images capture. JOLMA Vol. 2. No.1
  25. Nochlin, Linda. (1971). Realism: style and civilization. Middlesex: Penguin Books Ltd

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-12-12 04:14:09

No citation recorded.