BibTex Citation Data :
@article{HM16655, author = {Deli Nirmala and Catur Kepirianto}, title = {KIAT-KIAT PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS UNTUK GURU-GURU MTS & MA MIFTAHUSSALAM DEMAK}, journal = {Harmoni: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat}, volume = {1}, number = {1}, year = {2017}, keywords = {}, abstract = { Artikel ini menyajikan kiat-kiat dalam menyusun proposal penelitian tindakan kelas. Materi ini disampaikan dalam pelatihan untuk guru-guru MTs dan MA Miftahussalam Demak dalam rangka pengabdian kepada masyarakat yang diprakarsai oleh Program Magister Linguistik, Fakultas Ilmu Budaya Undip. Materi disampaikan dengan metode ceramah dan penugasan dalam kelompok sesuai dengan bidang studi. Terdapat 7 (tujuh) kelompok yang menyusun draf proposal penelitian tindakan kelas, yaitu: Agama, IPA, Kimia, Ekonomi, SKI, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Penyusunan draf proposal ringkas ini diawali dengan pemetaan permasalahan dalam pengajaran dan dilanjutkan dengan penentuan judul, permasalahan, dan tujuan penelitian. Penugasan selanjutnya adalah melengkapi draf yang dilakukan secara mandiri dengan konsultasi secara online. Draf proposal akan ditinjau pada pelatihan berikutnya. Ketika proposal sudah siap, maka penelitian tindakan kelas dapat dilakukan diikuti dengan penulisan laporan dan publikasi yang akan dilanjutkan dengan pelatihan-pelatihan berikutnya. Kata kunci: kiat-kiat; proposal; penelitian tindakan kelas; Miftahussalam Demak ABSTRACT This article presents some hints in writing research proposal of action research. The material was presented in in-house teacher training of Miftahussalam Demak. This was a community service conducted by Master Program in Linguistics, Faculty of Humanities, Diponegoro University. It was task-based training for groups of teachers of different subjects. There were 7 (seven) groups working together for writing a short draft of the proposal of classroom action research, consisting of Religion, Physics, Chemistry, Economy, SKI, Bahasa Indonesia, and English. The short proposal draft writing was started with finding problems in teaching, choosing a topic, and purposes of the study. . The tasks given were completing the draft by working independently in groups and consulting online. The draft will be reviewed in the following training. When the proposal is complete, the action research will be conducted, continued with report writing and publication and other types of training. Keywords : proposal; classroom action research; Miftahussalam Demak; MTs &MA }, issn = {2599-1795}, pages = {18--26} doi = {10.14710/hm.1.1.%p}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/harmoni/article/view/16655} }
Refworks Citation Data :
Artikel ini menyajikan kiat-kiat dalam menyusun proposal penelitian tindakan kelas. Materi ini disampaikan dalam pelatihan untuk guru-guru MTs dan MA Miftahussalam Demak dalam rangka pengabdian kepada masyarakat yang diprakarsai oleh Program Magister Linguistik, Fakultas Ilmu Budaya Undip. Materi disampaikan dengan metode ceramah dan penugasan dalam kelompok sesuai dengan bidang studi. Terdapat 7 (tujuh) kelompok yang menyusun draf proposal penelitian tindakan kelas, yaitu: Agama, IPA, Kimia, Ekonomi, SKI, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Penyusunan draf proposal ringkas ini diawali dengan pemetaan permasalahan dalam pengajaran dan dilanjutkan dengan penentuan judul, permasalahan, dan tujuan penelitian. Penugasan selanjutnya adalah melengkapi draf yang dilakukan secara mandiri dengan konsultasi secara online. Draf proposal akan ditinjau pada pelatihan berikutnya. Ketika proposal sudah siap, maka penelitian tindakan kelas dapat dilakukan diikuti dengan penulisan laporan dan publikasi yang akan dilanjutkan dengan pelatihan-pelatihan berikutnya.
Kata kunci: kiat-kiat; proposal; penelitian tindakan kelas; Miftahussalam Demak
ABSTRACT
This article presents some hints in writing research proposal of action research. The material was presented in in-house teacher training of Miftahussalam Demak. This was a community service conducted by Master Program in Linguistics, Faculty of Humanities, Diponegoro University. It was task-based training for groups of teachers of different subjects. There were 7 (seven) groups working together for writing a short draft of the proposal of classroom action research, consisting of Religion, Physics, Chemistry, Economy, SKI, Bahasa Indonesia, and English. The short proposal draft writing was started with finding problems in teaching, choosing a topic, and purposes of the study. . The tasks given were completing the draft by working independently in groups and consulting online. The draft will be reviewed in the following training. When the proposal is complete, the action research will be conducted, continued with report writing and publication and other types of training.
Keywords : proposal; classroom action research; Miftahussalam Demak; MTs &MA
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2024-11-21 23:52:02
View My Stats