skip to main content

PENGENALAN ONIGIRI DAN PROSES PEMBUATANNYA

*Budi Mulyadi  -  Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

ABSTRAK

 

Onigiri merupakan salah satu jenis makanan Jepang yang sudah dikenal dan dikonsumsi oleh masyarakat di seluruh dunia. Onigiri yang awalnya adalah sebuah bekal yang dibawa oleh para prajurit ketika berangkat ke medan perang, kini telah menjadi camilan utama yang dikonsumsi masayrakat Jepang. Bentuk onigiri yang dikenal oleh masyarakat dunia dewasa ini merupakan warisan yang dimulai pada masa Heian. Meskipun bentuk onigiri yang umum adalah segitiga, namun dalam perkembangannya selain bentuknya yang bervariasi menjadi bulat, lonjong dan sebagainya, varian rasanya pun bertambah. Tidak hanya rasa yang merupakan ciri khas makanan Jepang namun juga dikreasikan dengan varian rasa adaptasi dari makanan modern yang masuk ke negara Jepang.

Untuk lebih mengenalkan jenis makanan Jepang pada masyarakat luas, maka  pada tanggal 31 Maret 2018, Program Studi D3 Bahasa Jepang FIB Universitas Diponegoro Menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat untuk menjelaskan serta mempraktekan pembuatan onigiri.

Tujuan dari diselenggarakannya Pengabdian Kepada Masyarakat yang bertemakan onigiri sebagai bagian dari masakan Jepang agar makanan Jepang yang mulai digemari oleh anak muda di Indonesia ini dapat pula dikenal luas oleh masyarakat pada umumnya, tidak hanya secara informasi namun juga secara praktek pada proses pembuatannya. Sehingga diharapkan bisa menjadi lahan bisnis sampingan bagi para peserta yang mengikuti kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini.

Hasil dari kegiatan ini tercapainya suatu pemahaman yang mendalam mengenai onigiri sehingga selain memperkaya khazanah pengetahuan tentang masakan Jepang juga membuka peluang kreatifitas para peserta untuk mengembangkan varian onigiri yang lebih disesuaikan dengan selera masyarakat Indonesia.

Kata kunci :  budaya, onigiri,masakan Jepang

 

ABSTRACT

 

Onigiri is one of Japanese food  that is  known and consumed by people in many country around the world. Onigiri, originally a stock brought by the soldiers when heading off  to the battlefield, has now become the main dishes consumed by Japanese society. The form of Onigiri known to the world community today is a legacy that began in the Heian era. Although the common form of onigiri is a triangle, but  in modern era  its varied not only  into round, oval form  but  the variants taste was increased. The varians of Onigiri f not only the flavor of the Japanese food  taste but also added  with variants of the taste which adaptation from the modern foods .To introduce Japanese food to the wider community, on March 31, 2018, D3 Japanese Language Program FIB Diponegoro University held acommunity service to explain and  practice the making of Onigiri.

The purpose of  that activities are introduce the Japanese food especially onigiri to the public so that  knowledge can also be widely known by the public in general, not only information but also in practice in the process of making of Onigiri itself. We expected that  the participants can use the information of  the Onigiri making to make  their own Onigiri’s creation.

               The result of this activity achieves a deep understanding of Onigiri so that in addition to enriching the treasures of knowledge about Japanese cuisine also opens the creativity opportunities of the participants to develop Onigiri variant that is more adapted to the tastes of the people of Indonesia.

Keywords : culture ; onigiri ; Japanese Dishes

 

Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Ashkenazi,Michael. Jacob Jeane. 2003. Food Culture in Japan, London. Greenwood Press
  3. Donald,Susie. Kawano,Masano.2003. Japanese Homestyle Dishes, Singapore. Periplus Edition
  4. Yamaguchi,Akiho.Wada,Toshima.1991.Kokugo Jiten.Tokyo.Obunsha
  5. Sumber data dari internet :
  6. https://worldchefsbible.com/知識の宝庫/食材の知識/お米/おにぎり/
  7. Diunduh 1 Juli 2018
  8. https://www.onigi-re.com/knowledge/history/
  9. Diunduh 9 Juli 2018
  10. https://matcha-jp.com/id/1635
  11. Diunduh 12 Juli 2018

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-17 19:54:00

No citation recorded.