skip to main content

PENDAMPINGAN TEKNIK PENULISAN PEMBAHASAN, SIMPULAN DAN DAFTAR RUJUKAN BAGI GURU MGMP BAHASA INDONESIA SMA KOTA SEMARANG

*Muhammad Suryadi orcid scopus  -  Departement of Linguistics, Universitas Diponegoro, Indonesia
Oktiva Herry Chandra  -  Departemen Linguistik, FIB, Undip, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Abstrak

Kegiatan pengabdian pendampingan teknik penulisan ilmiah yang terkait perihal pembahasan, simpulan, dan daftar rujukan adalah sebagai bentuk tindak lanjut kegiatan pengabdian yang berkesinambungan. Sasaran kegiatan pengabdian ini adalah guru MGMP Bahasa Indonesia SMA di Kota Semarang. Kegiatan ini dilakukan dengan bentuk pendampingan kepada guru-guru yang telah menyusun draft artikel baik dalam bentuk per bagian maupun per kasus. Bimbingan pendampingan dilakukan secara secara per orangan maupun kelompok. Draft artikel akan direview, setiap hasil review akan diberikan catatan di samping garis margin yang berupa ulasan-ulasan singkat.  Hasil review akan diulas secara daring dengan media Zoom. Metode dan model kegiatan pendampingan dilakukan melalui ceramah, diskusi, review dan penulisan artikel. Ceramah dan diskusi dilakukan secara daring melalui platform zoom. Review dan penulisan artikel dilakukan melalui pengiriman draft melalui surat elektronik. Hasil review akan mengasilkan artikel yang memenuhi standar kreteria jurnal-jurnal Ilmiah.

 

Kata kunci : artikel, jurnal ilmiah, review, teknik penulisan
Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. Arifin, I., Juharyanto, J., Sultoni, S., Saputra, B. R., Adha, M. A., Bhayangkara, A. N., Wulandari, P. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Layak Jurnal Nasional Ber-ISBN Berbasis Sitasi Online Bagi Tenaga Pendidik Se-Kabupaten Bondowoso. Jurnal KARINOV, 3(1)
  2. Oktoviana, L. T., Hasanah, D., Sulandra, I. M., Susiswo, S., Lestari, T. E., & Nurhakiki, R. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah dari Hasil Penelitian bagi Guru Matematika SMK Kota Kediri. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 5(2)
  3. Prabawati, M. N., & Muslim, S. R. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama Wilayah Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 207–212
  4. Ramaniyar, E., Alimin, A. A., & Hariyadi, H. (2019). PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DALAM PENULISAN ARTIKEL ILMIAH. Jurnal Pendidikan Bahasa, 8(1)
  5. Slameto, S. (2016). PENULISAN ARTIKEL ILMIAH HASIL PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2)
  6. Suparman, S. (2016). Peranan Perguruan Tinggi (LPTK) Dalam Mewujudkan Tenaga Pendidik Yang Profesional. Seuneubok Lada, 3(2)
  7. UU No 14 Tahun 2005, R. (2005). Undang-undang Guru dan Dosen. Produk Hukum
  8. Wallwork, A. (2011). English for Writing Research Papers. English for Writing Research Papers
  9. Wallwork, A. (2016). English for Writing Research Papers. English for Writing Research Papers

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-11-21 23:06:37

No citation recorded.