skip to main content

SOSIALISASI LITERASI MEDIA PADA IBU-IBU POKDAWIS GMA BANYUANYAR UNTUK PENDAMPINGAN ANAK BELAJAR

*Sukarni Suryaningsih  -  Faculty of Humanities, Diponegoro University, Indonesia
Sri Rahayu Wilujeng  -  Undip, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Perkembangan teknologi informasi mengakibatkan berbagai perubahan dalam masyarakat. Diantara dampak positif yang membuka cakrawala pengetahuan yang tanpa batas, dampak negatif derasnya arus informasi menantang semua pihak untuk berperan secara bijak menyikapinya. Ibu-ibu yang adalah teman belajar anak di rumah perlu memahami situasi perubahan sosial terkait maraknya penggunaan internet dan media sosial yang tidak selalu untuk tujuan belajar. Kajian ini merupakan hasil sosialisasi literasi media kepada para ibu-ibu pokdawis GMA Banyuanyar yang gunanya adalah menambah pengetahuan untuk menemani proses belajar anak di rumah. Dengan metode ceramah dan diskusi tanya jawab, para ibu belajar memahami relasi orang tua-anak saat mengakses media.

Kata kunci :  internet, media sosial, proses belajar, perubahan sosial

 

The development of information technology has resulted in various changes in society. Among the positive impacts that open up limitless knowledge horizons, the negative impacts of the rapid flow of information challenge all parties to play a wise role in responding to it. Mothers who accompany their children studying at home need to understand the situation of social change related to the widespread use of the internet and social media which is not always for learning purposes. This study is the result of media literacy socialization to women and mothers in  Pokdawis GMA Banyuanyar  in which the purpose is to increase knowledge to accompany the child's learning process at home. Through the lecture and discussion method, the participants of the event learn to understand the parent-child relationship when accessing the media.

Keywords : internet, social media, learning process, social change

 

Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. Teale, William H, Sulzby, Elizabeth. 1986
  2. Emergent Literacy:Writing and Reading Minnesota : Ablex Publication Corp
  3. Grabe, W. & Kaplan R. (Ed.) 1992
  4. Introduction to Applied Linguistics. New York: Addison-Wesley Publishing Company
  5. Tamburaka, Apriadi. 2013. Literasi Media:
  6. Cerdas Bermedia Khalayak Media Massa. Jakarta: Rajawali Pers
  7. Tornero. 2009. Study on Assessment Criteria
  8. for Media Literacy Levels - A Comprehensive View of the Concept of Media Literacy and an Understanding of how Media Literacy Level in Europe should be assessed - Final Report. Brussel: European Commission
  9. Umar, M. 2020. Pendekatan Humanistik
  10. dalam Proses Pembelajaran Program Pendidikan Kesetaraan Paket C (Studi Kasus PKBM Setia Mandiri Kabupaten Malang). Jurnal Pendidikan Nonformal, Vol. 13, No. 2
  11. Nikita, M dan Supraba, D. 2021. Peran
  12. Psikologi Pendidikan melalui Literasi Digital Menuju Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi UNMER Malang
  13. Gumiarta, I W. 2019. Penggunaan Pendekatan
  14. Ilmiah dan Pendekatan Klinis dengan Supervisi Pengajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Melakukan Inovasi Proses Pembelajaran, Penilaian Hasil Belajar, Evaluasi Proses Pembelajaran dan Tindak Lanjut Pelaksanaan Proses Pembelajaran. Journal of Education Action Research. Vol. 3 No. 4

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-11-21 21:48:06

No citation recorded.