skip to main content

PENDAMPINGAN PENETAPAN NOMOR INVENTARIS KOLEKSI PERPUSTAKAAN DI SD NEGERI MANYARAN 01 SEMARANG

*Tri Handayani  -  Faculty of Humanities, Diponegoro University, Indonesia
Endah Sri Hartatik  -  Undip, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Buku Inventaris merupakan salah satu sarana perpustakaan yang diperlukan sebagai dasar bagi pelaksanaan pengolahan koleksi pustaka selanjutnya. Observasi yang dilakukan terhadap sejumlah perpustakaan sekolah dasar di Indonesia melalui berbagai laporan penelitian yang telah dilakukan sebelumnya, menunjukkan bahwa masih ditemukan sekolah-sekolah dasar yang kondisi perpustakaannya tidak terkelola sesuai standar yang telah ditetapkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Pendampingan dalam kegiatan ini adalah pendampingan terhadap para pengelola perpustakaan dalam menetapkan nomor inventaris. Penetapan ini harus dilakukan agar tahapan selanjutnya dalam pengolahan koleksi pustaka dapat dilakukan. Kegiatan pendampingan penetapan nomor inventaris koleksi pustaka yang dimiliki perpustakaan Sekolah Dasar Negeri Manyaran 01 Semarang diperlukan karena sekolah ini belum pernah membuat Buku Inventaris. Peserta pendampingan adalah Operator dan guru kelas yang diberikan tugas tambahan mengelola perpustakaan. Hasil kegiatan adalah pengelola perpustakan memiliki pengetahuan baru tentang Nomor Inventaris. Hasil lainnya adalah SD Negeri Manyaran 01 Semarang memiliki draft baru Buku Inventaris yang lebih lengkap informasinya.  

Kata kunci : Pendampingan, Perpustakaan, Nomor Inventaris, Buku Inventaris, Sekolah Dasar

Inventory books are one of the library facilities needed as a basis for the implementation of further processing of library collections. Observations made on several elementary school libraries in Indonesia through various research reports that have been carried out previously show that there are still elementary schools whose library conditions are not managed according to the standards set by the National Library of the Republic of Indonesia. Mentoring in this activity is mentoring library managers in determining inventory numbers. This determination must be made so that the next stage in processing library collections can be carried out. Mentoring activities in determining the inventory number of library collections owned by the Manyaran 01 Semarang State Elementary School library are needed because this school has never made an Inventory Book. Mentoring participants are Operators and classroom teachers who were given the additional task of managing the library. The result of the activity is that the library manager has new knowledge about Inventory Numbers. Another result is that the Manyaran 01 State Elementary School Semarang has a new draft of the Inventory Book with more complete information.

Keywords: Mentoring, Library, Inventory Number, Inventory Books, Elementary School

 

 

 

Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. Basori Mukti. Pelaksanaan Pendirian Sekolah Dasar Inpres di Sumatera Barat. Laporan Penelitian Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Padang Tahun 1986, hlm.1-2
  2. C. Larasati Milburga dkk, 2001. Membina Perpustakaan Sekolah. Yogyakarta : Kanisius
  3. Lasa Hs, 2007. Manajemen Perpustakaan Sekolah. Yogyakarta : Pinus Book Publisher
  4. Nurcahyono dkk, 2015. Pedoman penyelenggaraan perpustakaan sekolah. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI
  5. Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2017 tentang Standar Nasional Perpustakaan Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah
  6. Tri Handayani dan Endah Sri Haratik. 2021. “Pendampingan Pencatatan Koleksi Perpustakaan di SD Negeri Manyaran 01 Semarang”. Jurnal Harmoni Vol.5, No.5, 2021, hlm.70-80

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-03-29 08:17:39

No citation recorded.