skip to main content

PENDAMPINGAN PELAYANAN ADMINISTRATIF DI KANTOR KELURAHAN GEMAH KECAMATAN PEDURUNGAN KOTA SEMARANG

*Riris Tiani  -  Department of Anthropology, Faculty of Humanities, Diponegoro University, Indonesia
Suharyo Suharyo  -  Department of Indonesian Literature, Faculty of Humanities, Diponegoro University, Indonesia

Citation Format:
Abstract

ABSTRAK

Salah satu tugas utama dalam instansi pemerintahan adalah memberikan pelayanan administrasi kepada masyarakat. Pemerintah berkewajiban membantu dan mengurus keperluan administrasi masyarakatnya, baik dalam keperluan administratif secara personal maupun kelompok/organisasi/perusahaan. Satuan kerja yang ada di lingkungan Kelurahan Gemah, Kota Semarang memiliki fungsi kerja yang beragam. Dalam bidang administratif perkantoran, belum banyak satuan kerja yang bisa dipekerjakan, sehingga ini berdampak pada pelayanan administratif terkait pendokumentasian dokumen-dokumen perkantoran yang belum bisa disusun secara baik. Setelah dilakukan pendampingan pengabdian masyarakat oleh Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Ilmu Budaya selama 45 hari secara intensif, diperoleh dokumen standar operasional prosedur dalam proses pelayanan administratif. Dari dokumen yang dihasilkan, kami kerucutkan menjadi manual prosedur yang dicetak dalam bentuk standing banner sebagai salah satu output magang di lingkungan Kelurahan Gemah, Kota Semarang. Dalam pelayanan publik, selama pendampingan tim pengabdian banyak membantu dan berperan aktif dan terlibat dalam berbagai kegiatan administratif dan pelayanan sosial di lingkungan Kelurahan Gemah Kota Semarang.

 

Kata kunci: pelayanan administratif, satuan kerja, pemerintahan

 

ABSTRACT

One of the main tasks in government agencies to provide administrative services the community. The government obliged to assist and take care of the administrative needs the community, both for personal and group/organizational/company administrative purposes. The work units in the Gemah Village, Semarang City have various work functions. The field of office administration, there are not many work units that can be employed, so this has an impact on administrative services related to documentation of office documents that cannot be prepared properly. After conducting community service assistance by Community Service Team of the Faculty of Cultural Sciences for 45 days intensively, a standard operating procedure document was obtained in the administrative service process. From the resulting document, we converted it into a procedure manual that was printed in the form of a standing banner as one of the outputs of the internship in the Gemah Village, Semarang City. In public services, during the mentoring the service team helped a lot and played an active role and was involved in various administrative activities and social services in the Gemah Village, Semarang City.

 

Keywords: administrative services, work units, government

Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. Barata, Atep Adya. 2004. Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, Cetakan Kedua
  2. Daryanto dan Setyobudi, Ismanto. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media
  3. Islamy, M. Irfan. 2011. Prinsip-Prinsip Perumusan Kebijaksanaan Negara. Jakarta: Bumi Aksara
  4. Rahmayanty, Nina. 2010. Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta: Graha Ilmu
  5. Sinambela, Lijan P. 2011. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: PT. Bumi Aksara, Cetakan Ke-6

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-11-03 02:27:53

No citation recorded.