skip to main content

ADVOKASI PEMBANGUNAN JEJARING DAN KEMITRAAN PADA PERPUSTAKAAN DI JAWA TENGAH

*Alamsyah Alamsyah  -  Department of History, Faculty of Humanities, Diponegoro University, Indonesia
Siti Maziyah  -  Department of History, Faculty of Humanities, Diponegoro University, Indonesia
Sri Indrahti  -  Department of History, Faculty of Humanities, Diponegoro University, Indonesia

Citation Format:
Abstract

ABSTRAK

Artikel pengabdian masyarakat ini terkait pendampingan advokasi terhadap perpustakaan di Jawa Tengah dalam usaha pengembangan jejaring dan kemitraan. Perpustakaan sebagai pusat pemberdayaan bagi masyarakat, harus tetap mengoptimalkan fungsi dan perannya agar terus bermanfaat bagi masyarakat. Salah satu mengoptimalkan peran tersebut adalah melakukan pengembangan jejaring dan kemitraan kepada perpustakaan di Jawa Tengah. Pengabdian masyarakat ini membantu perpustakaan di Jawa Tengah dalam usaha melakukan advokasi pengembangan jejaring dan kemitraan dalam bentuk sosialisasi dan pendampingan. Tim pengabdian memberikan tips dan trik pelaksanaan advokasi, langkah-langkah yang harus dilakukan, cara-cara mempertahankan kemitraan, indikator-indikator keberhasilan, sasaran advokasi, dan contoh-contoh keberhasilan advokasi yang dilakukan perpustakaan yang bisa direplikasi oleh perpustakaan. Melalui pendampingan dengan berbagai materi, maka dapat meningkatkan keberhasilan advokasi perpustakaan di Jawa Tengah dalam membangun jejaring dan kemitraan.

 

Kata kunci: advokasi, jejaring, kemitraan, perpustakaan

 

 

ABSTRACT

This community service article is related to advocacy assistance to libraries in Central Java in an effort to develop networks and partnerships. The library as an empowerment center for the community, must continue to optimize its function and role so that it continues to benefit the community. One way to optimize this role is to develop networks and partnerships with libraries in Central Java. The community service team helps libraries in Central Java in their efforts to advocate for the development of networks and partnerships in the form of outreach and assistance. The service team provides tips and tricks for implementing advocacy, steps that must be taken, ways to maintain partnerships, indicators of success, advocacy goals, and examples of successful advocacy carried out by the library that can be replicated by the library. Through assistance with various materials, it can increase the success of library advocacy in Central Java in building networks and partnerships.

 

Keywords: advocacy, networks, partnership, library

 

Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. Ilmi, A. R. dan Husna, J. 2019."Strategi Pengembangan Perpustakaan Desa Oleh Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Demak Dengan Mitra Kerja Perpuseru (Studi Kasus: Perpustakaan Desa Kenanga, Perpustakaan Desa Melati dan Perpustakaan Desa Nusa Indah)," Jurnal Ilmu Perpustakaan, vol. 6, no. 3, pp. 131-140, Feb. 2019
  2. Mallinger, Stephen M. 2003. Librarianship: Where We are Where We Seen to Be Going
  3. Mayesti, Nina. 2001. “Advokasi Perpustakaan Di Era Informasi”. Al-Maktabah, Vol 3, No.1, April 2001: 24-32
  4. Nababan, Asmara (ed.). 1991. Advokasi: Pembelaan untuk Pemulihan. Jakarta: Jaringan Kerja LPKI
  5. Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-25 05:17:34

No citation recorded.