skip to main content

MEMAHAMI POTENSI BELAJAR BAHASA JEPANG DAN PELUANG STUDI KEJEPANGAN BAGI SISWA SMA NEGERI 4 SEMARANG

*Dian Annisa Nur Ridha  -  Department of Japanese Language and Culture, Faculty of Humanities, Universitas Diponegoro, Jl. Prof Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, 50275, Indonesia
Nisia Nur Dwi Agusta  -  Department of Japanese Language and Culture, Faculty of Humanities, Universitas Diponegoro, Jl. Prof Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, 50275, Indonesia
Rizky Miftha Angdani  -  Department of Japanese Language and Culture, Faculty of Humanities, Universitas Diponegoro, Jl. Prof Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Di era globalisasi seperti sekarang ini, kemampuan bahasa asing diperlukan untuk kelancaran komunikasi dan menjalin pergaulan yang akrab dengan masyarakat dunia. Saat ini, kemampuan bahasa Inggris saja tidak cukup dan harus ditunjang dengan kemampuan bahasa asing lainnya. Di sinilah bahasa Jepang muncul sebagai salah satu bahasa asing yang diminati oleh anak-anak muda, khususnya siswa SMA. Banyak di antara siswa SMA yang tertarik dengan budaya populer Jepang, sehingga tertarik pula untuk mempelajari bahasa Jepang. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat kali ini mengambil tema “Memahami Potensi Belajar Bahasa Jepang dan Peluang Studi Kejepangan Bagi Siswa SMA Negeri 4 Semarang”. Pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini tim pelaksana memberikan materi yang berkaitan dengan keuntungan mempelajari bahasa Jepang serta peluang melanjutkan studi terkait bidang kejepangan kepada para siswa SMA. Melalui kegiatan ini, siswa menjadi semakin memiliki minat terhadap pembelajaran bahasa Jepang dan melanjutkan studinya terkait kejepangan hingga ke jenjang yang lebih tinggi.

Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. Lapasau, M., Hardi, R., & Amiruddin, S. (2015). Metode Role Play dan Animasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Jepang di SMA. Faktor: Jurnal Ilmu Kependidikan, 2 (1), 22-37
  2. Lukman, M.P., Arfandy, H., & Widjaja, F. (2019). Pengembangan Sistem Pembelajaran Bahasa Jepang Berbasis Android. Sintech Journal, 2 (1), 33-39
  3. Reswari, G.P.A. (2020). Bahasa Jepang vs Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing Dalam Persepsi Mahasiswa Indonesia. Kiryoku, 4 (2), 130-136
  4. Sulaiman, I.J. (2023). Ketertarikan Terhadap Pembelajaran Bahasa Jepang Melalui Lirik Lagu J-Pop. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang, 9 (1), 78-82
  5. Wijayanti, A.A.R. & Poetranto, I.W.D (2022). Analisis Kebutuhan Bahasa Jepang Bagi Mahasiswa Perhotelan Universitas Triatma Mulya Program Internship di Jepang. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang, 8 (3), 257-265

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-11-22 23:29:21

No citation recorded.