BibTex Citation Data :
@article{HM60007, author = {Fajrul Falah and Riris Tiani and Marwini Marwini and Findy Constantina}, title = {PENERAPAN BAHASA DAN BRANDING UMKM PRODUK KANTONG CELANA “HASBUNA” DESA REMBUN PEKALONGAN}, journal = {Harmoni: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat}, volume = {7}, number = {2}, year = {2023}, keywords = {}, abstract = { Bahasa dan branding memiliki peran signifikan sebagai bahan dan sarana promosi UMKM. Salah satu UMKM yang sedang berkembang dan potensial di Desa Rembun saat ini adalah Hasbuna. Hasbuna sebagai mitra pengabdian, memproduksi kantong celana. Akan tetapi, UMKM Hasbuna yang potensial itu, belum memanfaatkan bahasa dan branding untuk menambah akses pemasarannya. Selama ini, promosi yang dilakukan cenderung melalui lisan, dari mulut ke mulut (word of mouth) dan telah ada pembeli tetap. Di sisi lain, Universitas Diponegoro memiliki skema pengabdian kepada masyarakat (PkM), Ipteks bagi Desa Binaan Undip (IDBU). Maka perlu dilakukan branding dan pendampingan UMKM Hasbuna supaya lebih berkembang. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah menerapkan bahasa dan membranding UMKM Hasbuna di Desa Rembun, Kabupaten Pekalongan. Tim PkM melakukan literature review terkait bahasa, branding, dan mitra PkM. Kemudian observasi langsung, dan wawancara kepada mitra terkait persoalan produk dan promosi. Kemudian Tim PkM memberikan masukan dan penerapan bahasa dan branding terhadap mitra Hasbuna. Kegiatan PkM ini menghasilkan luaran ( output ) publikasi kegiatan di media massa, profil mitra baik tulisan maupun video, modul bahasa dan branding mitra Hasbuna. Kegiatan PkM ini juga menghasilkan outcome produk dan pemasaran mitra dikenal lebih luas, dari tingkat Desa Rembun ke Kecamatan, Kabupaten, bahkan Provinsi Jawa Tengah. }, issn = {2599-1795}, pages = {95--100} doi = {10.14710/hm.7.2.95-100}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/harmoni/article/view/60007} }
Refworks Citation Data :
Bahasa dan branding memiliki peran signifikan sebagai bahan dan sarana promosi UMKM. Salah satu UMKM yang sedang berkembang dan potensial di Desa Rembun saat ini adalah Hasbuna. Hasbuna sebagai mitra pengabdian, memproduksi kantong celana. Akan tetapi, UMKM Hasbuna yang potensial itu, belum memanfaatkan bahasa dan branding untuk menambah akses pemasarannya. Selama ini, promosi yang dilakukan cenderung melalui lisan, dari mulut ke mulut (word of mouth) dan telah ada pembeli tetap. Di sisi lain, Universitas Diponegoro memiliki skema pengabdian kepada masyarakat (PkM), Ipteks bagi Desa Binaan Undip (IDBU). Maka perlu dilakukan branding dan pendampingan UMKM Hasbuna supaya lebih berkembang. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah menerapkan bahasa dan membranding UMKM Hasbuna di Desa Rembun, Kabupaten Pekalongan. Tim PkM melakukan literature review terkait bahasa, branding, dan mitra PkM. Kemudian observasi langsung, dan wawancara kepada mitra terkait persoalan produk dan promosi. Kemudian Tim PkM memberikan masukan dan penerapan bahasa dan branding terhadap mitra Hasbuna. Kegiatan PkM ini menghasilkan luaran (output) publikasi kegiatan di media massa, profil mitra baik tulisan maupun video, modul bahasa dan branding mitra Hasbuna. Kegiatan PkM ini juga menghasilkan outcome produk dan pemasaran mitra dikenal lebih luas, dari tingkat Desa Rembun ke Kecamatan, Kabupaten, bahkan Provinsi Jawa Tengah.
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2024-11-20 05:49:11
View My Stats