skip to main content

PENDAMPINGAN PELABELAN CALL NUMBER JENIS BUKU BACAAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN DI SD NEGERI MANYARAN 01 SEMARANG

*Tri Handayani  -  Faculty of Humanities, Diponegoro University, Indonesia
Endah Sri Hartatik  -  Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Pelabelan call number merupakan kegiatan pengolahan pustaka, khususnya pada sub kegiatan memberi label buku. Keberadaan label call number memudahkan para Pustakawan menemukan lokasi buku dan menjajarkan buku. Keberadaan label call number bagi para Pemustaka adalah memudahkan mereka menemukan lokasi penyimpanan koleksi buku yang mereka perlukan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat di SD Negeri Manyaran 01 Semarang adalah (1) membuat data koleksi buku menggunakan Microsoft Excel. Setiap halaman memuat data buku dengan huruf depan judul yang sama. Huruf depan judul buku diketik pada tab. (2) membuat pola label call number. (3) melakukan input seluruh call number pada label call number. (4) memotong-motong label call number. (5) memasukkan setiap label call number ke dalam kantong plastik bening. (6) menempelkan plastik bening berisi label call number pada bagian dalam sampul buku depan. (7) menempel label call number pada punggung buku. (8)  menjajarkan buku yang sudah ditempel call number ke rak penyimpanan koleksi berdasar kesamaan klasifikasi. Akibat dari inovasi dan kreasi yang dilakukan adalah: (1) setiap buku sudah memiliki label call number, (2) keberadaan label call number pada masing-masing mempercepat pekerjaan penempelan label call number pada masing-masing punggung buku, (3) label call number yang ditempelkam tidak akan salah.

  

Kata kunci:  judul buku, klasifikasi, koleksi buku, label call number, perpustakaan sekolah dasar

 

Call number labeling is a library processing activity, especially in the sub-activity of labeling books. The existence of call number labels makes it easier for librarians to find book locations and line up books. The existence of a call number label for library users makes it easier for them to find the storage location for the book collection they need. Public service activities at the Manyaran 01 State Elementary School Semarang are (1) create book collection data using Microsoft Excel. Each page contains book data with the same first letter of the title. The first letter of the book title is typed on the tab. (2) create a call number label pattern. (3) input all call numbers on the call number label. (3) input all call numbers on the call number label. (4) cutting up the call number label. (5) put each call number label in a clear plastic bag. (6) attach clear plastic containing a call number label to the inside of the front book cover. (7) attach a call number label to the spine of the book. (8) aligning books with call numbers attached to collection storage shelves based on similar classifications. The consequences of innovation and creation are: (1) each book has a call number label, (2) the existen of a call number label on each book speeds up the work of attaching the call number label to each book's spine, (3) the call number label attached will not be wrong.

Keywords: book titles, classification, book collections, call number labels, elementary school libraries

Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. Agus Jayadi, 2021, Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Sistem Pembelajaran di Madrasah: Sebuah Meta Analisis, Jurnal Cahaya Mandalika, 2 (3), November 2021
  2. Data Pokok Pendidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi, https://dapo.kemdikbud.go.id/sekolah/39E4A41519C9CE1E272A, diakses November 2023
  3. Direktorat Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, 2021. Pemulihan Pembelajaran Siswa SDMI dari Dampak Pandemi Covid-19. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/public/artikel/detail/pemulihan-pembelajaran-siswa-sdmi-dari-dampak-pandemi-covid-19, dipublikasikan tanggal 03 Oktober 2021, diakses 1 November 2023
  4. Lasa Hs, 2007. Manajemen Perpustakaan Sekolah. Yogyakarta : Pinus Book Publisher
  5. Nurcahyono dkk, 2015. Pedoman penyelenggaraan perpustakaan sekolah. Jakarta : Perpustakaan Nasional RI
  6. Soeatminah, 2000. Perpustakaan, Kepustakawanan, dan Pustakawan. Yogyakarta: Kanisius
  7. Sutarno Ns, Perpustakaan dan Masyarakat, Jakarta, CV. Sagung Seto
  8. Tri Handayani dan Endah Sri Hartatik, 2023. Pendampingan Verifikasi Koleksi Pasca Penetapan Klasifikasi Koleksi Perpustakaan di SD Negeri Manyaran 01 Semarang, Jurnal Harmoni, 7 (1), Juni 2023
  9. Informan
  10. Nama : Zaenuri, M.Pd
  11. Pekerjaan : Kepala Sekolah
  12. Status : Aparatur Sipil Negara

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-05-04 16:38:30

No citation recorded.