skip to main content

PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH MELALUI PENERAPAN INVENTARISASI, KLASIFIKASI, DAN PRESERVASI KOLEKSI UNTUK MENINGKATKAN AKSES DAN PEMANFAATAN MATERI BACAAN

*Sri Indrahti  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Siti Maziyah  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Alamsyah Alamsyah  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Dewi Yuliati  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Muhammad Ulin Nuha  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
M. Salman Alfharezi  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Nadafia Kautsar  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Hesti Rahayuningrum  -  Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

ABSTRAK

Perpustakaan sekolah memegang peran krusial dalam mendukung proses pembelajaran siswa dengan memberikan akses ke beragam sumber informasi. Namun, di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (IT) Al Fikri, pengelolaan perpustakaan masih belum mencapai tingkat optimal. Dalam upaya memperbaiki masalah ini, kegiatan pengabdian terbagi menjadi inventarisasi, klasifikasi, dan preservasi koleksi buku perpustakaan, serta sosialisasi kepada pustakawan dan staf sekolah mengenai praktik pengelolaan perpustakaan yang baik. Dengan demikian, upaya ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengelolaan perpustakaan sekolah, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan aksesibilitas informasi bagi siswa.

 

Kata kunci: perpustakaan, sekolah, inventarisasi, klasifikasi, perservasi

 

ABSTRACT

School libraries play a crucial role in facilitating students' learning processes by providing access to diverse sources of information. However, at the Integrated Islamic Junior High School (IT) Al-Fikri, library management has yet to reach an optimal. To address this issue, outreach activities encompassing inventory, classification, and preservation of library book collections are undertaken, alongside socialization sessions for librarians and school staff on effective library management practices. These efforts aim to enhance the effectiveness and efficiency of school library management, thereby improving the quality of learning and access to information for students.

 

Keywords: library, school, inventory, classification, preservation

Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. Agustina, L, 2020. Revitalisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Literasi Siswa di SD Muhammadiyah Nurul Ilmi, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 97–105. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10771
  2. Harahap, B. L. H., & Husna, J., 2019. Penerapan Sistem Klasifikasi Mandala Di Perpustakaan Gelaran Indonesia Buku Yogyakarta. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 7(1), 181-190
  3. Ibrahim, Andi. 2014. Pelestarian Bahan Pustaka. Makassar. Alauddin University Press
  4. Massofa, 2008. Pengadaan Bahan Pustaka
  5. M.Reza Rokan. (2017). Manajemen perpustakaan sekolah. Jurnal Iqra’ Volume 11 No.01, 4(01), 9–15
  6. Nugraha, F, 2014. Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 5(1), 27–32. https://doi.org/10.24176/simet.v5i1.132

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-11-19 11:16:29

No citation recorded.