skip to main content

INOVASI PEMBELAJARAN DARING: INTEGRASI SITUS EDUKASI DAN GOOGLE FORMULIR UNTUK EVALUASI

*Dewi Saraswati Sakariah  -  Japanese Language and Culture Departement, Faculty of Humanities, Diponegoro University, Semarang, Indonesia, Indonesia
Arsi Widiandari  -  Japanese Language and Culture Departement, Faculty of Humanities, Diponegoro University, Semarang, Indonesia, Indonesia

Citation Format:
Abstract

ABSTRAK

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) yang dilakukan oleh tim Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang, FIB ini berfokus pada pengenalan fitur situs edukasi Tanoshii Japanese yang dirangkaikan dengan pengenalan fitur Google Formulir pada layanan Penyimpanan Awan (Google Drive) kepada siswa SMA Negeri 7 Semarang. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai penggunaan teknologi dalam pembelajaran, sehingga mereka dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan nyata. Kegiatan ini dilakukan melalui pemberian materi yang komprehensif, yang mencakup pengenalan situs Tanoshii Japanese untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Jepang dan penggunaan fitur Google Formulir untuk mendapatkan dan menyimpan informasi, serta untuk mengevaluasi diri melalui layanan kuis. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini meliputi pembuatan panduan secara luring, sesi pengajaran langsung, dan sesi tanya jawab interaktif. Melalui metode ini, siswa diharapkan dapat memahami dan menguasai materi yang disampaikan, serta mampu menerapkannya dalam konteks akademis maupun sehari-hari. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan pemahaman siswa dalam penggunaan situs Tanoshii Japanese terkait kemampuan berbahasa Jepang serta pengembangan keterampilan digital pada fitur Google Formulir. Dengan demikian, diharapkan siswa dapat lebih siap menghadapi tantangan di era digital dan mampu memanfaatkan teknologi untuk mendukung proses belajar mereka.

Kata kunci: Pengabdian kepada Masyarakat, BKJ Undip, Google Form, Tanoshii Japanese, SMA 7 Semarang

ABSTRACT

Community Service Activities (PkM) conducted by the Japanese Language and Culture Study Program team, Faculty of Humanities, focuses on introducing the features of the Tanoshii Japanese educational website, coupled with introducing the features of Google Forms on the Google Drive cloud storage service to students of SMA Negeri 7 Semarang. The main goal of this activity is to enhance students' understanding of technology usage in learning, so they can apply it in real life. This activity is carried out through comprehensive material delivery, which includes introducing the Tanoshii Japanese website to improve Japanese language skills and using Google Forms features to obtain and store information, as well as to self-assess through quiz services.

 

The methods used in this community service include offline guidebook creation, direct teaching sessions, and interactive Q&A sessions. Through these methods, students are expected to understand and master the material presented, and be able to apply it in academic and everyday contexts. The results of this activity show an improvement in students' understanding of the use of the Tanoshii Japanese website regarding Japanese language proficiency and the development of digital skills in Google Forms features. Thus, it is hoped that students will be better prepared to face challenges in the digital era and be able to utilize technology to support their learning process.

Keywords: Community Service, BKJ Undip, Google Forms, Tanoshii Japanese, SMA 7 Semarang

Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. Fitriyani, F., & Nugroho, A. T. (2022). Literasi Digital Di Era Pembelajaran Abad 21. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.58466/literasi.v2i1.1416
  2. Hiru, M. (2022, Februari 1). Pentingnya Literasi Digital Dalam Dunia Pendidikan. Republika Online. https://republika.co.id/share/r6mcn2380
  3. Reswari, G. (2020). Bahasa Jepang vs Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing dalam Persepsi Mahasiswa Indonesia. Kiryoku, 4, 130–136. https://doi.org/10.14710/kiryoku.v4i2.130-136

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-06-30 08:50:54

No citation recorded.