skip to main content

Sosialisasi Customer Loyalty Melalui Whatsapp Group Kepada Umkm Amina Kabupaten Karanganyar

*Sukarni Suryaningsih  -  Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro, Indonesia
Sri Rahayu Wilujeng  -  Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro, Indonesia
Retno Wulandari  -  Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Dalam perkembangan ekonomi saat ini, dengan situasi dan kondisi sosial yang terus berubah, UMKM menghadapi tantangan persaingan yang semakin beragam dan berubah. Agar dapat menghadapi persaingan, setiap produk UMKM perlu mengembangkan strategi kesetiaan pelanggan atau customer loyalty yang tepat untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan bahasa media sosial untuk menumbuhkan loyalitas pelanggan dan lebih mempromosikan produk UMKM. Pelaku UMKM, terutama yang berhubungan langsung dengan konsumen, perlu mengembangkan model relasi dengan pelanggan yang tidak konvensional.

Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. Ball, D., Coelho, PS. and Machas, A. (2004), ‘The Role of Communication and Trust in Explaining Customer Loyalty,’ European Journal of Marketing, 38(9), 1272-1293
  2. Caleb T Carr, Rebecca A Hayes. 2015. ‘Social Media: Defining, Developing and Divining’. Atlantic Journal of Communication. Volume 23, 2015 - Issue 1
  3. Cuming, L., 2008. Engaging Consumers Online: The Impact of Social Media on Purchasing Behaviour. DEI Worldwide, [online] dalam http://www.deiworldwide.com/files/DEIStudEngaging%20ConsumersOnlineSummary.pdf
  4. Fauser, S.G. Wiedenhofer, J. dan Lorenz, M., 2011. “Touchpoint social web”: an explorative study about using the social web for influencing high involvement purchase decisions’. Dalam Problems and Perspectives in Management, 9(1), hal.39-45

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2025-06-21 23:54:47

No citation recorded.