Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{HUMANIKA32594, author = {Mayang Shalika and Robert Sibarani and Eddy Setia}, title = {MAKNA ORNAMEN RUMAH GADANG MINANGKABAU: KAJIAN SEMANTIK}, journal = {HUMANIKA}, volume = {27}, number = {2}, year = {2020}, keywords = {Makna Semantik; Ornamen rumah gadang; Semantik Kultural}, abstract = { Penelitian ini bertujuan untuk menginventarisasikan proses penamaan tekstual ornamen rumah gadang minangkabau. Penelitian ini menggunakan model analisis interaktif Miles, Hurberman dan Saldana. Data diperoleh dari hasil wawancara mendalam, observasi berperan dan dokumentasi.Data yang telah dikondensasikan dianalisis menggunakan konsep Sudrayat dan dilihat dari makna kulturalnya dengan menggunakan konsep Abdullah. Adapun nama-nama ornamen tersebut sebagai berikut: Siriah Gadang ‘sirih besar’, Lumuik Hanyuik ‘lumut hanyut’, Aka Cino Saganggang ‘akar cina seganggang’ , Pucuak Rabuang ‘ pucuk rebung’, Jalo Taserak ‘jala tersebar’, Saluak Laka ‘ jalinan lidi atau rotan’, Lapiah Batang Jarami ‘ lapis batang jerami’, Labah Mangirok ‘lebah mengirap’, Itiak Pulang Patang ‘itik pulang petang’, Tupai Managun ‘tupai tertegun’, Tatandu Manyasok Bungo ‘ulat menghisap bunga’, Kaluak Paku ‘tumbuhan pakis’, Pisang Sasikek ‘pisang seikat’, Buah Palo Bapatah ‘buah pala patah’ , Aka Barayun ‘akar berayun’, Saik Galamai ‘potongan wajik’, Carano Kanso ‘ tempat untuk meletakkan sirih, pinang dan gambir’, Tangguak Lamah ‘tangguk lemah’, Si Kambang Manih ‘si bunga manis’, SajambaMakan ‘makan berjamba’. Makna kultural dari kedua puluh nama-nama ornamen rumah gadangMinangkabau semuanya mengenai makna tentang hubungan manusia dengan manusia atau kehidupan bermasyarakat. }, issn = {2502-5783}, pages = {70--81} doi = {10.14710/humanika.v27i2.32594}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/humanika/article/view/32594} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini bertujuan untuk menginventarisasikan proses penamaan tekstual ornamen rumah gadang minangkabau. Penelitian ini menggunakan model analisis interaktif Miles, Hurberman dan Saldana. Data diperoleh dari hasil wawancara mendalam, observasi berperan dan dokumentasi.Data yang telah dikondensasikan dianalisis menggunakan konsep Sudrayat dan dilihat dari makna kulturalnya dengan menggunakan konsep Abdullah. Adapun nama-nama ornamen tersebut sebagai berikut: Siriah Gadang ‘sirih besar’, Lumuik Hanyuik ‘lumut hanyut’, Aka Cino Saganggang ‘akar cina seganggang’ , Pucuak Rabuang ‘ pucuk rebung’, Jalo Taserak ‘jala tersebar’, Saluak Laka ‘ jalinan lidi atau rotan’, Lapiah Batang Jarami ‘ lapis batang jerami’, Labah Mangirok ‘lebah mengirap’, Itiak Pulang Patang ‘itik pulang petang’, Tupai Managun ‘tupai tertegun’, Tatandu Manyasok Bungo ‘ulat menghisap bunga’, Kaluak Paku ‘tumbuhan pakis’, Pisang Sasikek ‘pisang seikat’, Buah Palo Bapatah ‘buah pala patah’ , Aka Barayun ‘akar berayun’, Saik Galamai ‘potongan wajik’, Carano Kanso ‘ tempat untuk meletakkan sirih, pinang dan gambir’, Tangguak Lamah ‘tangguk lemah’, Si Kambang Manih ‘si bunga manis’, SajambaMakan ‘makan berjamba’. Makna kultural dari kedua puluh nama-nama ornamen rumah gadangMinangkabau semuanya mengenai makna tentang hubungan manusia dengan manusia atau kehidupan bermasyarakat.
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2024-11-21 17:29:27
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to the author(s).
Humanika by http://ejournal.undip.ac.id/index.php/humanika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Faculty of Humanities, Diponegoro University
Prof. Soedarto, SH Street, Tembalang, Semarang, Central Java 50275, Indonesia
e-mail: widisusenoiriyanto@yahoo.co.id/ sarasdewiq@gmail.com