Fakultas Filsafat, Universitas Gadjah Mada, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{HUMANIKA34762, author = {Sri Rahayu Wilujeng and M Mukhtasar Syamsuddin and Rr. Siti Murtiningsih}, title = {DINAMIKA PENDIDIKAN DI INDONESIA DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT}, journal = {HUMANIKA}, volume = {27}, number = {2}, year = {2020}, keywords = {pendidikan; manusia; filsafat; pragmatisme}, abstract = { Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan sejarah pendidikan di Indonesia secara cara umum, kebijakan pendidikan pada setiap jaman, dan pendidikan di Indonesia dari perpektif filsafat. Penelitian ini adalah penelitian filsafat atas masalah aktual yaitu pendidikan. Dalam penelitian ini digunakan metode linear dengan melalui beberapa tahap yaitu persepsi, refleksi dan menyusun konsepsi. Unsur-unsur metode yang digunakan adalah interpretasi, analisa-sintesa, kesinambungan historis, dan idealisasi. Hasil dari penelitian ini adalah pendidikan di Indonesia semakin mengarah kepada ontologi pendidikan positivistik dan semakin kehilangan orientasi humanistiknya karena melihat manusia tidak secara utuh. Pendidikan lebih memperhatikan aspek kognitif dan mengabaikan aspek lainnya. Nilai-nilai pragmatisme dalam pendidikan semakin menguat pada era reformasi. Pendidikan sebagai program untuk menyiapkan anak didik untuk memenuhi kebutuhan industri. Terjadi reduksi makna pendidikan yang esensinya adalah aktivitas budaya menjadi aktivitas ekonomi. Pendidikan hanya mencetak manusia menjadi homo faber . Pendidikan menghilangkan kesempatan manusia menjadi manusia seutuhnya. Pendidikan sebagai suatu aktivitas khas manusia jauh lebih bermakna dari sekedar mencetak tenaga kerja. Pendidikan adalah upaya memanusiakan manusia. }, issn = {2502-5783}, pages = {170--183} doi = {10.14710/humanika.v27i2.34762}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/humanika/article/view/34762} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan sejarah pendidikan di Indonesia secara cara umum, kebijakan pendidikan pada setiap jaman, dan pendidikan di Indonesia dari perpektif filsafat. Penelitian ini adalah penelitian filsafat atas masalah aktual yaitu pendidikan. Dalam penelitian ini digunakan metode linear dengan melalui beberapa tahap yaitu persepsi, refleksi dan menyusun konsepsi. Unsur-unsur metode yang digunakan adalah interpretasi, analisa-sintesa, kesinambungan historis, dan idealisasi. Hasil dari penelitian ini adalah pendidikan di Indonesia semakin mengarah kepada ontologi pendidikan positivistik dan semakin kehilangan orientasi humanistiknya karena melihat manusia tidak secara utuh. Pendidikan lebih memperhatikan aspek kognitif dan mengabaikan aspek lainnya. Nilai-nilai pragmatisme dalam pendidikan semakin menguat pada era reformasi. Pendidikan sebagai program untuk menyiapkan anak didik untuk memenuhi kebutuhan industri. Terjadi reduksi makna pendidikan yang esensinya adalah aktivitas budaya menjadi aktivitas ekonomi. Pendidikan hanya mencetak manusia menjadi homo faber. Pendidikan menghilangkan kesempatan manusia menjadi manusia seutuhnya. Pendidikan sebagai suatu aktivitas khas manusia jauh lebih bermakna dari sekedar mencetak tenaga kerja. Pendidikan adalah upaya memanusiakan manusia.
Article Metrics:
Last update:
Pesan Asertif dalam Dokumen Kebijakan Pendidikan Kurikulum Merdeka: Sebuah Tinjauan Isi Wacana
Last update: 2024-11-21 05:41:45
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to the author(s).
Humanika by http://ejournal.undip.ac.id/index.php/humanika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Faculty of Humanities, Diponegoro University
Prof. Soedarto, SH Street, Tembalang, Semarang, Central Java 50275, Indonesia
e-mail: widisusenoiriyanto@yahoo.co.id/ sarasdewiq@gmail.com