skip to main content

Fenomena Audism: Pengaruh Perampasan Bahasa (Language Deprivation) dan Self-Esteem terhadap Kemampuan Adaptasi Kelompok Tuli di Kota Malang

Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia, Indonesia

Received: 15 Nov 2023; Revised: 7 Jun 2024; Accepted: 11 Jun 2024; Published: 23 Jun 2024.
Open Access Copyright (c) 2024 Authors under http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh perampasan bahasa dan self-esteem terhadap kemampuan adaptasi kelompok Tuli di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi berganda dengan sampel 31 responden Tuli yang di dapat menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah language deprivation dan kemampuan adaptasi tuna rungu yang disusun oleh peneliti dari aspek teori. Pada skala self-esteem di adaptasi dari skala self-esteem yang dikembangkan Rosenberg. Hasilnya menunjukkan bahwa perampasan bahasa (language deprivation) dan self-esteem berpengaruh signifikan terhadap kemampuan adaptasi. Ditemukan bahwa perampasan bahasa dan self-esteem secara simultan mempengaruhi kemampuan adaptasi kelompok Tuli sebesar 34%. Penelitian ini diharapkan menjadi dasar pengembangan program inklusif dan kesadaran masyarakat terhadap budaya Tuli untuk mendukung penyandang disabilitas rungu di Indonesia. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah mendalami variabel lain seperti dukungan sosial, kontrol diri, dan penerimaan diri yang menggali pengaruh kemampuan adaptasi secara lebih beragam dan mengembangkan program intervensi.

Fulltext View|Download
Keywords: Adaptability; deafness; language deprivation; self-esteem

Article Metrics:

  1. Ali, M., & Asrori, M. (2018). Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Bumi Aksara
  2. Anindyajati, M., & Karima, C. M. (2004). Peran Harga Diri Terhadap Asertivitas Remaja Penyalahguna Narkoba (Penelitian Pada Remaja Penyalahguna Narkoba di Tempat-Tempat Rehabilitasi Penyalahguna Narkoba). Jurnal Psikologi, 2(1), 49–73
  3. Azwar, S. (2011). Tes prestasi edisi II. Pustaka Pelajar, Yogyakarta
  4. Bartusevičius, H., & van Leeuwen, F. (2022). Poor Prospects—Not Inequality—Motivate Political Violence. Journal of Conflict Resolution, 66(7–8), 1393–1421. https://doi.org/10.1177/00220027221074647
  5. Batten, G., Oakes, P. M., & Alexander, T. (2014). Factors associated with social interactions between deaf children and their hearing peers: A systematic literature review. Journal of Deaf Studies and Deaf Education, 19(3), 285–302
  6. Bauman, D. (2008). Listening to Phonocentrism with Deaf Eyes: Derrida’s Mute Philosophy of (Sign) Language. Essays in Philosophy, 9. https://doi.org/10.5840/eip20089118
  7. Fadli, R. (2022). Wajib Tahu, Ini Perbedaan Tunarungu dan Tuli. Halodoc. https://www.halodoc.com/artikel/wajib-tahu-ini-perbedaan-tunarungu-dan-tuli
  8. Fazria, N. S. (2017). Hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan harga diri pada remaja tunarungu. Jurnal Psikologi, 9(1)
  9. Field, A. (2017). Discovering Statistic Using IBM SPSS Statistic 5th. Dk, 53(9), 1689–1699
  10. Gerungan, W. A. (2010). Psikologi Sosial (3rd ed.). Refika Aditama
  11. Haryanti, D., & Raihana, P. A. (2021). Hubungan Kematangan Emosi Dengan Strategi Coping Pada Remaja Akhir. Universitas Muhammadiyah Surakarta
  12. Hasibuan, A. (2015). Perbedaan Teori Linguistik Ferdinand De Saussure Dan Noam Chomsky. Jurnal Metamorfosa, 3(2), 21–25
  13. Huda, N., & Aulia, P. (2020). Perbedaan Self Esteem pada Atlet Disabilitas Yang Juara di Sumatera Barat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3511–3518
  14. Ismawati. (2015). Peran Kemampuan Beradaptasi sebagai Intervening dalam Pengaruh Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah dan Lingkungan Masyarakat terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IISs SMA N 1 Demak. Universitas Negeri Semarang
  15. Kemenkes, R. (2011). Buletin Jendela, Data dan Informasi Kesehatan: Epidemiologi Malaria di Indonesia
  16. Kumalasari, F., & Ahyani, L. N. (2012). Hubungan antara dukungan sosial dengan penyesuaian diri remaja di panti asuhan. Jurnal Psikologi: PITUTUR, 1(1), 19–28
  17. Letlora, R., Anisah, N., & Djuniarto, I. (2023). Pengaruh Self-Awareness dan Self-Image dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Mahasiswa Keperawatan (D3). MAHESA: Malahayati Health Student Journal, 3(1), 171–181
  18. Maizan, S. H., Bashori, K., & Hayati, E. N. (2020). Analytical Theory : Gegar Budaya (Culture Shock). Psycho Idea, 18(2), 147. https://doi.org/10.30595/psychoidea.v18i2.6566
  19. Maroqi, N. (2019). Uji Validitas Konstruk Pada Instrumen Rosenberg Self Esteem Scale Dengan Metode Confirmatory Factor Analysis (CFA). Jurnal Pengukuran Psikologi Dan Pendidikan Indonesia (JP3I), 7(2), 92–96. https://doi.org/10.15408/jp3i.v7i2.12101
  20. Mudjiyanto, B. (2018). Pola komunikasi siswa tunarungu di sekolah luar biasa negeri bagian B kota Jayapura. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 22(2), 151–166
  21. Mursita, R. A. (2015). Respon tunarungu terhadap penggunaan sistem bahasa isyarat indonesa (sibi) dan bahasa isyarat indonesia (bisindo) dalam komunikasi. Inklusi, 2(2), 221–232
  22. Novara, A. (2018). Hubungan Antara Body Image Dissatisfaction Dengan Self Esteem Pada Pegawai Bank
  23. O’Connell, N. (2022). “Opportunity Blocked”: Deaf People, Employment and the Sociology of Audism. Humanity & Society, 46(2), 336–358
  24. Palfreyman, N. (2015). Budaya tuli Indonesia dan hak bahasa. Coference Paper, Seminar Tahunan Linguistik, Universitas Pendidikan Indonesia, 4–5
  25. Pamungkas, H., & Arsandrie, Y. (2020). Behavioral Mapping Dan Adaptasi Terhadap Lingkungan Pada Squatter Settlement. NALARs, 19(2), 115–130
  26. Putri, M. (2021). Dikritik Difabel, Risma Akui Paksa Tunarungu Bicara. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20211201200746-20-728681/dikritik-difabel-risma-akui-paksa-tunarungu-bicara
  27. Riestyane, R., Ninin, R. H., & Siswadi, A. G. P. (2021). Mengatasi hambatan tanpa suara: Studi eksploratif terhadap adversity intelligence pada individu tuli. Jurnal Penelitian Kesejahteraan Sosial, 20(1), 63–76
  28. Rochmah, A. F. (2013). Pengaruh self esteem karyawan alfamart Jember terhadap pemberian pelayanan prima (service excellence) kepada pelanggan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim
  29. Rosenberg, M. (1965). Rosenberg Self-Esteem Scale (RSES) [Database record]. APA PsycTests. https://doi.org/https://doi.org/10.1037/t01038-000
  30. Safitri, A. A. (2020). Persepsi tunarungu terhadap bahasa oral sebagai sistem komunikasi: a phenomenology study. Universitas Negeri Malang
  31. Santhoso, F. H., & Hakim, M. A. (2012). Deprivasi relatif dan prasangka antar kelompok. Jurnal Psikologi, 39(1), 121–128
  32. Santrock, J. W. (2003). Adolescence. McGraw-Hill
  33. Sari, V. F., & Masitoh, S. (2017). Permainan Gobak Sodor Terhadap Interaksi Sosial Siswa Tunarungu Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Khusus Unesa, 2(1)
  34. Sobarudin, R. S. (2016). Pola Komunikasi Anak Tuna Rungu dengan Menggunakan Bahasa Isyarat sebagai Pengganti Bahasa Lisan di Sekolah Luar Biasa. Fakultas Komunikasi (UNISBA)
  35. Srisayekti, W., & Setiady, D. A. (2015). Harga-diri (self-esteem) terancam dan perilaku menghindar. Jurnal Psikologi, 42(2), 141–156
  36. Stapleton, L. D. (2014). The unexpected talented tenth: Black d/Deaf students thriving within the margins. Iowa State University
  37. Sugiyono. (2014). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta
  38. Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta
  39. Sunarsih, S., Putro, S. C., & Rahmawati, Y. (2019). Hubungan Self Esteem dan Pengalaman Belajar Yang Bermakna Dengan Kemampuan Adaptasi Terhadap Dunia Kerja Pada Siswa TKJ SMKN Kota Malang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 12(2), 84–93
  40. Syarifah, F. (2022). Grab Indonesia Dikritik Netizen karena Pegawainya Diduga Merendahkan Orang Tuli. Liputan 6
  41. Tuasikal, J. M. S. (2023). Kemampuan Adaptasi. UPT-UNG. https://dosen.ung.ac.id/JumadiTuasikal/home/2023/7/13/kemampuan-adaptasi.html#:~:text=Adaptasi menjadi salah satu hal,agar ia dapat bertahan hidup
  42. Wiranata, I. M. A. (2022). Pemetaan Teori-Teori Gerakan Sosial-Contoh Kasus di Berbagai Negara. Airlangga University Press
  43. Wohlwill, J. F. (2017). The physical environment: A problem for a psychology of stimulation. In People and Buildings (pp. 83–96). Routledge

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-12-26 09:32:51

No citation recorded.