skip to main content

Studi Tentang Sifat Fisis dan Kuat uji Tejan Batuan Karst Kawasaan Gua Leang Londrong Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung

1Departmen of Physics, Universitas Negeri Makassar, Indonesia

2Universitas Negeri Makassar, Indonesia

Received: 6 Aug 2022; Revised: 14 Apr 2023; Accepted: 15 Jul 2023; Available online: 14 Sep 2023; Published: 21 Sep 2023.
Editor(s): Budi Warsito

Citation Format:
Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang sifat fisis dan kuat uji tekan batuan di karst Kawasan Gua Leang Londrong. Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis besarnya nilai sifat fisis (densitas dan porositas) dan kuat uji tekan batuan. Penentuan kekerasan atau kuat tekan batuan selama ini banyak menggunakan uji kuat tekan batuan di laboratorium menggunakan Uniaxial Compressive Strength (UCS). Uji Uniaxial Compressive Strength (UCS) memiliki akurasi yang sangat baik, namun pelaksanaanya membutuhkan waktu yang lama dan memakan biaya tinggi. Oleh karena itu pada penelitian ini diusulkan metode lain untuk menentukan kuat tekan yang lebih sederhana, mudah dan murah menggunakan Schmidt Hammer. Nilai uji kuat tekan diperoleh dari metode non-destructive yaitu dengan menggunakan alat  Schmidt Hammer. Proses dimulai dari pengambilan 30 sampel batuan di daearah kawasan Gua Leang Londrong pada 10 titik yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil uji sifat fisis batuan karst di Kawasan Gua Leang Londrong, diperoleh nilai densitas batuan pada rentang 2,60   sampai 2,62  dan nilai porositas berada pada rentang 0%-7%. Sehingga jenis batuan di Kawasan Gua Leang Londrong adalah batu gamping dolomit. Nilai kuat tekan batuan diperoleh dari konversi nilai pantulan palu Schmidt menjadi nilai kuat tekan uniaksial. Diperoleh nilai kuat tekan batuan berada pada rentang nilai 20 MPa hingga 62 MPa. Sehingga batuan di Kawasan Gua Leang  Londrong adalah jenis batuan yang sangat rapuh dengan karakteristik batuan lapuk sedimen terkompaksi lemah, batuan  rapuh  dengan karakteristik  batuan tersedimentasi lemah dan batuan yang cukup keras dengan karakteristik batuan sedimen kompeten beberapa batuan beku dengan bobot isi rendah berbutir kasar.

Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-02-29 15:21:25

No citation recorded.