BibTex Citation Data :
@article{JIL10544, author = {Azhar Azhar and M Basyir and Alfitri Alfitri}, title = {HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN ETIKA LINGKUNGAN DENGAN SIKAP DAN PERILAKU MENJAGA KELESTARIAN LINGKUNGAN}, journal = {Jurnal Ilmu Lingkungan}, volume = {13}, number = {1}, year = {2016}, keywords = {Pengetahuan, etika, sikap dan perilaku, lingkungan}, abstract = { Penelitian ini adalah penelitian korelasional yang terdiri dari dua variabel bebas yaitu pengetahuan lingkungan hidup (PLH) dan pengetahuan etika lingkungan (PEL) serta dua variabel terikat yaitu sikap menjaga kelestarian lingkungan (SMKL) dan perilaku menjaga kelestarian lingkungan (PMKL). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara pengetahuan lingkungan hidup dan etika lingkungan dengan sikap dan perilaku menjaga kelestarian lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan pada sekolah menengah (SMA/SMK/MA) di Kota Pagar Alam Sumatera Selatan tahun 2015, dengan sampel 335 orang yang diambil secara stratified random sampling. Pengumpulan data primer menggunakan teknik kuisoner dan observasi lapangan. Data dianalisis menggunakan program SPSS 17.0 dengan statistik deskriptif, uji korelasi dan regresi linear sederhana serta berganda. Intrumen penelitian menggunakan skala Likert dengan lima alternatif jawaban. Hasil uji korelasi dan regresi pada taraf signifikan a = 0.05, mendapatkan empat kesimpulan yaitu : (1) terdapat hubungan positif yang cukup signifikan antara pengetahuan lingkungan hidup dengan sikap menjaga kelestarian lingkungan yang persamaan garis regresinya Y 1 = 0,528X 1 + 43,427, dengan nilai koefisien korelasi r x1y1 sebesar 0,506; (2) terdapat hubungan positif yang cukup signifikan antara pengetahuan etika lingkungan dengan sikap menjaga kelestarian lingkungan yang persamaan garis regresinya Y 1 = 0,540X 2 + 42,825, dengan nilai koefisien korelasi r x2y1 sebesar 0,395; (3) terdapat hubungan positif yang cukup signifikan antara pengetahuan lingkungan hidup dan pengetahuan etika lingkungan secara bersama-sama dengan sikap menjaga kelestarian lingkungan yang persamaan regresinya Y 1 = 0,429X 1 + 0,261X 2 + 32,008, dengan nilai koefisien korelasi r x1x2y1 sebesar 0,532; (4) terdapat hubungan positif yang cukup signifikan antara sikap menjaga kelestarian lingkungan dengan perilaku menjaga kelestarian lingkungan yang persamaan regresinya Y 2 = 0,353Y 1 + 42,682, dengan nilai koefisien korelasi r y1y2 sebesar 0,363. Dalam rangka meningkatkan perilaku siswa dalam menjaga kelestarian lingkungan di sekolah disarankan sekolah untuk memberikan mata pelajaran pendidikan lingkungan hidup dan etika lingkungan, Dinas Pendidikan menyarankan agar mata pelajaran muatan lokal diarahkan ke pendidikan lingkungan hidup dan etika lingkungan, dan agar Badan Lingkungan Hidup mendorong semakin banyaknya sekolah yang mengikuti program Adiwiyata }, pages = {36--41} doi = {10.14710/jil.13.1.36-41}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/ilmulingkungan/article/view/10544} }
Refworks Citation Data :
Article Metrics:
Last update:
Integrated learning for improving environmental literacy in high schools
Local community empowerment in developing processing of cinnamon essential oil (Cinnamomum burmannii) as a skin care material
Traditional Forests Create Government Ecology in Jambi Province
Does Environmental Education Curriculum Affect Student’s Environmental Culture in Islamic Boarding School
Creative thinking: The Effect of Green School-Based Project Based Learning (PjBL) Model
Community Empowerment Efforts in Preserving the Environment Around the Karang Mumus River
PENGARUH INTERAKSI SOSIAL DAN SIKAP TANGGUNG JAWAB TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN
Development of e-module assisted by hypertext preprocessor (PHP) to improve environmental knowledge of senior high school students
Types of Shade Plants As Efforts to Increase Students' Knowledge and Attitudes for Conservation
Analysis of Environmental Literacy Skill of Biology Teacher Candidates in Human and Environmental Courses
Last update: 2024-10-13 15:29:11
The role of schools in building student awareness of environment through adiwiyata program
View My Stats
JURNAL ILMU LINGKUNGAN ISSN:1829-8907 by Graduate Program of Environmental Studies, School of Postgraduate Studies is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Based on a work at www.undip.ac.id.