skip to main content

ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT KUNJUNGAN ULANG WISATAWAN SEMARANG

*bellinda sofia nuraeni  -  magister manajemen universitas diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Abstrak

Visit Jawa Tengah 2013  merupakan sebuah gerakan untuk meningkatkan  kepedulian terhadap potensi luar biasa yang dimiliki  oleh Jawa Tengah. Museum  Ranggarwasita Jawa Tengah merupakan salah satu destinasi  wisata utama yang disiapkan untuk Visit Jateng 2013.  Hal ini karena Museum  Ranggawarsita merupakan museum  terbesar di Jawa Tengah  yang memiliki  koleksi cukup lengkap. Permasalahan dalam penelitian ini adalah menurunnya jumlah  kunjungan wisatawan ke Museum  Ranggawarsita Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor  yang mempengaruhi  minat kunjung ulang wisatawan Museum  Ranggawarsita Semarang.

Dalam penelitian ini dikembangkan sebuah permodelan dengan tujuh hipotesis  yang telah dirumuskan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 110 responden yang merupakan pengunjung  Museum  Ranggawarsita Semarang. Metode  yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan  metode  PLS-SEM.

Hasil penelitian  menunjukkan bahwa variabel yang berpengaruh  signifikan  terhadap variabel minat  kunjung ulang adalah variabel promosi,  variabel kualitas pelayanan dan variabel daya tarik wisata.  Kemudian, variabel yang berpengaruh  signifikan  terhadap variabel citra wisata adalah variabel promosi  dan variabel kualitas pelayanan. dan variabel yang berpengaruh terhadap  daya tarik wisata adalah variabel kualitas  pelayanan.

Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-22 14:18:30

No citation recorded.