PENGARUH STRUKTUR MODAL, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, CAPITAL EXPENDITURE DAN INSENTIF MANAJER TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

*Jun Andrian -  Magister Manajemen Universitas Diponegoro, Indonesia
Published: .
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Full Text:
Statistics: 730 9083
Abstract

Permasalahan dalam penelitian didasarkan pada kenyataan bahwa ada fluktuasi perbedaan yang tajam pada profitabilitas di Bursa Efek Indonesia sehingga memunculkan adanya fenomena gap, dimana diketahui ada inkonsistensi pengaruh variabel struktur modal, pertumbuhan, capital expenditure, dan insentif manajer terhadap profitabilitas dan dampaknya pada nilai perusahaan.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bura Efek Indonesia sesuai publikasi Indonesian capital market directory (ICMD). Pemilihan sampel perusahaan manufaktur karena perusahaan manufaktur merupakan perusahaan terbanyak di Bursa Efek Indonesia.  Jumlah populasi sebanyak 151 perusahaan manufaktur. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data time series dan cross section (pooling data), dan berdasarkan  kriteria teknik sampling tersebut di atas, maka jumlah sampel yang memenuhi kriteria sebanyak 26 perusahaan. Teknik analisis menggunakan regressi berganda dan sobel test.

Adanya keterbatasan data dalam penelitian ini lebih ditekankan pada generalisasi hasil penelitian hanya pada perusahaan manufaktur dan hasil penelitian nilai adjusted  R square pada perusahaan manufaktur yang rendah, dimana pada perusahaan manufaktur

mempunyai nilai adjusted  R square 39,9% sehingga generalisasi hanya pada obyek yang diteliti. Disarankan untuk penelitian yang akan datang agar memperluas obyek penelitian yaitu seluruh perusahaan yang terdaftar di BEI, tidak hanya  pada satu industri saja.

Selain itu juga perlu menambah  variabel mikro ekonomi (suku bunga, inflasi, jumlah saham beredar) (Benston et al., 2003) yang mempengaruhi  profitabilitas agar hasil penelitian ini menjadi lebih sempurna sehingga  nilai adjusted  R square menjadi lebih besar.

Article Metrics: