skip to main content

ANALISIS PENGARUH CAR, NIM, LDR, NPL DAN BOPO TERHADAP PROFITABILITAS STUDI PADA BANK UMUM YANG GO PUBLIK DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE TAHUN 2002-2010

*Catur Wahyu Endra  -  Magister Manajemen Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji  pengaruh  variabel CAR, NIM, LDR, NPL, dan BOPO, terhadap  ROA. Permasalahan  dalam  penelitian  ini adalah adanya research  gap dari penelitian terdahulu dan fenomena business gap dari data kelompok  bank umum  di Indonesia, tahun

2002-2010  pada Statistik Perbankan Indonesia sehingga perlu dilakukan penelitian lanjutan

yang meneliti  permasalahan  faktor-faktor  yang mempengaruhi  Return On Asset (ROA) dengan didasari  oleh teori yang mendasar. Faktor-faktor tersebut  terdiri  dari variabel CAR, Net Interest Margin (NIM),  Loan to Deposit Ratio (LDR), Non Performing  Loan (NPL), dan Biaya Operasional  terhadap  Pendapatan Operasional  (BOPO).

Teknik sampling   yang  digunakan  adalah  purposive  sampling   dengan  kriteria  bank  umum  di

Indonesia yang menyajikan laporan keuangan periode 2002  sampai dengan 2010  dan bank umum yang memperoleh laba periode 2002-2010.  Data diperoleh berdasarkan publikasi Direktori Perbankan Indonesia periode tahun 2002  sampai dengan tahun 2010.  Diperoleh jumlah sampel sebanyak 16 perusahaan dari 26 bank umum di Indonesia periode 2002-2010. Teknik  analisis  yang  digunakan   adalah  regresi  berganda  dengan  persamaan   kuadrat  terkecil dan uji hipotesis menggunakan t-statistik  untuk menguji koefisien regresi parsial serta f- statistik  untuk menguji  keberartian pengaruh  secara bersama-sama  dengan level of significance  5%. Selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi  uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas  dan uji autokorelasi.

Selama periode  pengamatan menunjukkan bahwa data penelitian  berdistribusi  normal. Berdasarkan uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas  dan uji autokorelasi tidak ditemukan variabel yang menyimpang  dari asumsi  klasik, hal ini menunjukkan bahwa data yang tersedia telah memenuhi  syarat untuk menggunakan model  persamaan regresi linier berganda. Dari hasil  analisis  menunjukkan  bahwa  data LDR, NPL, dan BOPO secara  parsial  signifikan terhadap ROA.

Fulltext View|Download
Keywords: CAR, NIM, LDR, NPL, BOPO, dan ROA

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-23 21:02:59

No citation recorded.