BibTex Citation Data :
@article{JBS14370, author = {Bogy Febriatmoko}, title = {MENINGKATKAN KINERJA BISNIS MELALUI KEUNGGULAN BERSAING KULINER KHAS SEMARANG}, journal = {JURNAL BISNIS STRATEGI}, volume = {24}, number = {1}, year = {2015}, keywords = {orientasi kewirausahaan; orientasi pasar; keunggulan bersaing; kinerja bisnis}, abstract = { Penelitian ini menganalisis pengaruh orientasi wirausaha, orientasi pasar, dan keunggulan bersaing untuk meningkatkan kinerja bisnis. Rumusan masalah adalah bagaimana menciptakan keunggulan bersaing untuk meningkatkan kinerja bisnis. Populasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah sentra usaha mikro lumpia, bandeng presto dan wingko di Semarang yang berjumlah 104 industri. Dan Jumlah data yang dapat diperoleh dalam penelitian ini adalah 102 industri. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan Jawaban nilai 1 (sangat tidak setuju sekali) sampai dengan 7 (sangat setuju sekali). Alat analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) melalui program AMOS 18 Hasil analisis data goodnes of fit index menunjukkan bahwa model penelitian mempunyai kesesuaian fit (dapat diterima). Tidak semua hipotesis dapat diterima setelah dilakukan analisis SEM. Hipotesis yang diterima adalah pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja bisnis, orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing dan keunggulan bersaing terhadap kinerja. Adapun yang ditolak ·adalah pengaruh antara orientasi wirausaha terhadap keunggulan bersaing dan orientasi pasar terhadap kinerja bisnis. Secara umum kesimpulan dari hasil pengujian model yang diterapkan pada sentra usaha mikro lumpia, bandeng presto dan wingko di Semarang menunjukkan bahwa keunggulan bersaing dapat dicapai melalui orientasi pasar, di mana keunggulan bersaing yang dihasilkan perusahaan dapat meningkatkan kinerja bisnis. Penelitian ini memberikan beberapa keterbatasan penelitian serta agenda penelitian mendatang yang bisa dilakukan pada penelitian lanjutan. }, issn = {2580-1171}, pages = {83--99} doi = {10.14710/jbs.24.1.83-99}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jbs/article/view/14370} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini menganalisis pengaruh orientasi wirausaha, orientasi pasar, dan keunggulan bersaing untuk meningkatkan kinerja bisnis. Rumusan masalah adalah bagaimana menciptakan keunggulan bersaing untuk meningkatkan kinerja bisnis.
Populasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah sentra usaha mikro lumpia, bandeng presto dan wingko di Semarang yang berjumlah 104 industri. Dan Jumlah data yang dapat diperoleh dalam penelitian ini adalah 102 industri. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan Jawaban nilai 1 (sangat tidak setuju sekali) sampai dengan 7 (sangat setuju sekali). Alat analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) melalui program AMOS 18
Hasil analisis data goodnes of fit index menunjukkan bahwa model penelitian mempunyai kesesuaian fit (dapat diterima). Tidak semua hipotesis dapat diterima setelah dilakukan analisis SEM. Hipotesis yang diterima adalah pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja bisnis, orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing dan keunggulan bersaing terhadap kinerja. Adapun yang ditolak ·adalah pengaruh antara orientasi wirausaha terhadap keunggulan bersaing dan orientasi pasar terhadap kinerja bisnis.
Secara umum kesimpulan dari hasil pengujian model yang diterapkan pada sentra usaha mikro lumpia, bandeng presto dan wingko di Semarang menunjukkan bahwa keunggulan bersaing dapat dicapai melalui orientasi pasar, di mana keunggulan bersaing yang dihasilkan perusahaan dapat meningkatkan kinerja bisnis. Penelitian ini memberikan beberapa keterbatasan penelitian serta agenda penelitian mendatang yang bisa dilakukan pada penelitian lanjutan.
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2025-10-20 12:20:43
To have their manuscript accepted and published by Jurnal Bisnis Strategi, authors must complete the review process. Articles in Jurnal Bisnis Strategi are published under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), allowing readers to view, share, and adapt the material, including for commercial purposes, under the following conditions:
Attribution: Proper credit must be given to the authors, a link to the license must be provided, and any changes made must be indicated. This must be done in a reasonable way, but not in a manner that suggests the original author or licensor endorses your use.
ShareAlike: If you remix, transform, or build upon the work, your contributions must be distributed under the same license as the original.
No Additional Restrictions: You cannot impose legal terms or technological measures that restrict others from using the material as permitted by the license.
The copyright of the articles is assigned to the author(s), and they retain rights to the published work. Both the Editorial Team of Jurnal Bisnis Strategi and the author(s) work together to ensure that no errors, either in data or statements, are present in the published articles. Authors submitting to this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication, with the work being licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), which allows others to share the work, provided the authorship and initial publication in the journal are acknowledged.
The journal permits authors to maintain copyright and publishing rights without restrictions.
Authors are free to enter into separate agreements for the non-exclusive distribution of the journal's published version, such as posting it in an institutional repository or publishing it in a book, as long as the initial publication in the journal is acknowledged.
Authors are encouraged to share their work online (e.g., on personal websites or institutional repositories) before and during the submission process, as this can foster academic exchange and increase citation opportunities.
View My Stats
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.