skip to main content

Strategi dan Prospek Hubungan Industrial Di Indonesia

*Fuad Mas'ud  -  Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Lingkungan ekonomi dan hubungan industrial di Indonesia telah  mengalami perubahun yang besar sejak tahun 1980. Meningkatnya perdagangan intemasionai dan semakin meningkatnya persaingan bisnis memasuki Abad XXI mendorong semakin diperlukarmya restrukturisasi di bidang ekonomi dan hubungan industrial. Di masa depan, bidang manajemen sumber daya manusia (MSDM) dan hubungan industrial (HI) akan semakin besar peranannya dalam membangun kemampuan bersaing perusahaan-perusahahan di Indonesia.
Pengembangan kemampuan bersaing untuk mengejar dan meningkatkan kualitas dan produktivitas namun mengabaikan "keadilan" dan "kesejateraan" tenaga kerja" nampaknya tidak akan berhasil dalam jangka panjang. Strategi di masa depan yang sukses, oleh karena itu, harus memperhatikan dan memperhitungkasi kedua aspek iersebui yakni :
1) peningkatan kualitas dan produktivitas, dan
2) keadilan dan kesejahteraan karyawan dalam perusahaan.
Agar dapat sukses bersaing di pasar nasional maupun internasional, perusahaan. di tuntut untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas produk-produk yang dihasilkan.  Untuk itu peningkatan, kualitas sumber daya manusia merupakan syarat mutlak. Akan tetapi peningkatan kualitas SDM belum menjamin peningkatan kinerja perusahann selama praktek dan kebijakan manajemen sumber daya manusia/hubungan industrial perusahaan belum dapat menjamin keadilan dan kesejahteraan pekerja. Untuk dapat merespon tuntutan persaingan bisnis yang semakin ketat, perusahaan dituntut untuk mengembangkan misi dan strategi yang tepat dan jelas serta melakukan inovasi teknologi dan organisasi. Di samping itu, pihak manajemen dan pekerja dituntut untuk mewujudkan hubungan industrial yang harmonis dan demokratis. Pemerintoli dapal berperan aktif dalam upaya menciptakan lzuburzgan industrial yang lumnonis dan demokraiis.
Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-03-29 18:29:40

No citation recorded.