skip to main content

Perkembangan Kriteria Penilaian Keandalan Sistem Inforrnasi Akuntansi Dalam Organisasi

*Arifin Sabeni  -  Fakultas Ekonomi Undip, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Sistem informasi mempunyai peranan yang penting dalam suatu kegiatan manajemen dari berbagai jenis organisasi. Kualitas dari sistem akuntansi  bergantung kepada situasi dimana suatu   organisasi  beroperasi, sehingga  teknik penilaian kualitas sistem informasi juga bergantung kepada  situasi  yang  sedang dialami oleh organisasi yang bersangkutan. Dengan demikian maka untuk menilai apakah sistem  informasi milik  suatu organisasi dapat diandalkan dengan mempunyai kual itas  yang baik  tidak hanya dilihat  dari kemampuannya menyajikan informasi yang diperlukan, tetapi harus    dilihat  pula apakah sistem tersebut mampu memberikan kepuasan kepada  pemakainya, apakah sistem tersebut dapat beradaptasi dengan perubahan lingkungan organisasi, dan apakah  sistem tersebut mampu menyesuaikan  diri dengan adanya perubahan teknologi.
Seperti  diketahui bahwa organisasi atau  perusahaan   selalu  dihadapkan pada   kondisi   lingkungan yang  selalu berubah. Lingkungan  dalam  konteks ini bukanlah lingkungan  alam  seperti sumber    daya air,   laut, udara  dan sebagainya,  tetapi  lingkungan di sini adalah lingkungan perusahaan,  baik dari segi ekonomi maupun teknologi serta peraturan-peraturan pemerintah. Dengan  terjadinya perubahan teknologi dan ekonomi secara  cepat, maka kriteria penilaian  keandalan sistem  informasi juga akan  berubah dari  waktu ke waktu. Belum lagi  dengan adanya perubahan konsep pemikiran dan pandangan hidup manusia yang sangat sensitif dipengaruhi  oleh perubahan  ideologi maupun  ilmu pengetahuan.
Dengan adanya perubahan pemikiran dan lingkungan organisasi, maka hal tersebut  menyebabkan kriteria penilaian keandalan  sistem informasi akuntansi  yang dipakai oleh suatu organisasi   juga  akan berubah.   0leh karena  itulah,  maka  teknik penilaian keandalan  sistem  informasi  dari  satu waktu  ke waktu yang lain akan berbeda, dan dalam makalah ini akan menguraikan perkembangan    kriteria penilaian sistem informasi  akuntansi secara  lebih rinci.
Adapun tujuan dari paper  ini adalah untuk membahas mengenai faktor  dasar yang  menyebabkan   terjadinya perubahan kriteria penilaian, yaitu perubahan pola pikir (phylosophy) dari tradisional sampai modern yang semuanya itu diilhami oleh berbagai konsep riset dalam bidang akuntansi dari konsep pikir yang  tradisional,  inter­pretive, sampai yang kritis.




Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-26 09:40:45

No citation recorded.