BibTex Citation Data :
@article{JBS14482, author = {Elfreda Lau and Imam Ghozali}, title = {PENGARUH PARTISIPASI PEMAKAI TERHADAP KEPUASAN PEMAKAI DALAM PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DENGAN DUKUNGAN MANAJEMEN PUNCAK, KOMUNIKASI PEMAKAI-PENGEMBANG, KOMPLEKSITAS TUGAS, KOMPLEKSITAS SISTEM, PENGARUH PEMAKAI SEBAGAI. VARIABEL MODERATING}, journal = {JURNAL BISNIS STRATEGI}, volume = {12}, number = {8}, year = {2017}, keywords = {Partisipasi Pemakai, Teori Kontinjensi, Dukungan Manajemen Puncak, Komunikasi Pemakai-Pengembang, Kompleksitas Tugas, Kompleksitas Sistem, Pengaruh Pemakai, Kepuasan Pemakai}, abstract = { Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah partisipasi pemakai berpengaruh pada kepuasan pemakai dan apakah dukungan manajemen puncak, komunikasi pemakai-pengembang, kompleksitas tugas, kompleksitas sistem, pengaruh pemakai, memoderasi pengaruh partisipasi pemakai terhadap kepuasan pemakai dalam pengembangan sistem intormasi. Masih banyak temuan penelitian sebelumnya yang kontradiksi. Peneliti mencoba menguji u/ang dengan melakukan pengujian pada lima faktor kontinjensi, sebagaimana yang telah disebutkan. Pengujian hipotesis dilakukan pada 100 responden yang tersebar pada perusahaan besar manufaktur, dagang dan jasa yang ada di wilayah NTT, dengan berfokus pada lima kabupaten yaitu Belu, TTU, TTS, Kupang, dan Ende. Metode yang digunakan dalam pengujian hipotesis ini adalah regresi linier (Linier Regression) untuk menguji pengaruh partisipasi pemakai terhadap kepuasan pemakai dalam pengembangan sistem informasi. Sedangkan untuk menguji lima faktor kontinjensi yaitu dukungan manajemen puncak, komunikasi pemakai-pengembang, kompleksitas tugas, kompleksitas sistem, pengaruh pemakai, sebagai pemoderasi pengaruh partisipasi pemakai terhadap kepuasan pemakai digunakan metode MRA (Moderated regression analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, partisipasi pemakai dalam pengembangan sistem informasi berpengaruh positif terhadap kepuasan pemakai. Kedua, pengaruh partisipasi pemakai terhadap kepuasan pemakai dimoderasi variabel dukungan manajemen puncak, komunikasi pemakai-pengembang, komplesitas tugas, kompleksitas sistem dan pengaruh pemakai. Ketiga, variabel dukungan manajemen puncak, dan komplesitas tugas sebagai pure moderator, variabel komunikasi pemakai-pengembang, kompleksitas sistem, pengaruh pemakai sebagai quasi moderator. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi baik bagi para praktisi dalam pengembangan sistem, maupun akademisi, untuk menjelaskan, bagaimana, kapan, dan dimana partisipasi pemakai dlperlukan, agar dapat meningkatkan kepuasan pemakai, dengan mengemukakan sifat hubungan yang dipengaruhi oleh kondisi-kondisi yang berbeda. Selanlutnya disarankan bagi peneliti mendatang untuk menelaah variabel lain yang mungkin berpengaruh pada kepuasan pemakai. }, issn = {2580-1171}, pages = {58--76} doi = {10.14710/jbs.12.8.58-76}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jbs/article/view/14482} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah partisipasi pemakaiberpengaruh pada kepuasan pemakai dan apakah dukungan manajemen puncak, komunikasi pemakai-pengembang, kompleksitas tugas, kompleksitas sistem, pengaruh pemakai, memoderasi pengaruh partisipasi pemakai terhadap kepuasan pemakai dalam pengembangan sistem intormasi. Masih banyak temuan penelitian sebelumnya yang kontradiksi. Peneliti mencoba menguji u/ang dengan melakukan pengujian pada lima faktor kontinjensi, sebagaimana yang telah disebutkan. Pengujian hipotesis dilakukan pada 100 responden yang tersebar pada perusahaan besar manufaktur, dagang dan jasa yang ada di wilayah NTT, dengan berfokus pada lima kabupaten yaitu Belu, TTU, TTS, Kupang, dan Ende. Metode yang digunakan dalam pengujian hipotesis ini adalahregresi linier (Linier Regression) untuk menguji pengaruh partisipasi pemakai terhadap kepuasan pemakai dalam pengembangan sistem informasi. Sedangkan untuk menguji lima faktor kontinjensi yaitu dukungan manajemen puncak, komunikasi pemakai-pengembang, kompleksitas tugas, kompleksitas sistem, pengaruh pemakai, sebagai pemoderasi pengaruh partisipasi pemakai terhadap kepuasan pemakai digunakan metode MRA (Moderated regression analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, partisipasi pemakai dalam pengembangan sistem informasi berpengaruh positif terhadap kepuasan pemakai. Kedua, pengaruh partisipasi pemakai terhadap kepuasan pemakai dimoderasi variabel dukungan manajemen puncak, komunikasi pemakai-pengembang, komplesitas tugas, kompleksitas sistem dan pengaruh pemakai. Ketiga, variabel dukungan manajemen puncak, dan komplesitas tugas sebagai pure moderator, variabel komunikasi pemakai-pengembang, kompleksitas sistem, pengaruh pemakai sebagai quasi moderator. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi baik bagi para praktisi dalam pengembangan sistem, maupun akademisi, untuk menjelaskan, bagaimana, kapan, dan dimana partisipasi pemakai dlperlukan, agar dapat meningkatkan kepuasan pemakai, dengan mengemukakan sifat hubungan yang dipengaruhi oleh kondisi-kondisi yang berbeda. Selanlutnya disarankan bagi peneliti mendatang untuk menelaah variabel lain yang mungkin berpengaruh pada kepuasan pemakai.
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2025-10-15 20:23:36
To have their manuscript accepted and published by Jurnal Bisnis Strategi, authors must complete the review process. Articles in Jurnal Bisnis Strategi are published under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), allowing readers to view, share, and adapt the material, including for commercial purposes, under the following conditions:
Attribution: Proper credit must be given to the authors, a link to the license must be provided, and any changes made must be indicated. This must be done in a reasonable way, but not in a manner that suggests the original author or licensor endorses your use.
ShareAlike: If you remix, transform, or build upon the work, your contributions must be distributed under the same license as the original.
No Additional Restrictions: You cannot impose legal terms or technological measures that restrict others from using the material as permitted by the license.
The copyright of the articles is assigned to the author(s), and they retain rights to the published work. Both the Editorial Team of Jurnal Bisnis Strategi and the author(s) work together to ensure that no errors, either in data or statements, are present in the published articles. Authors submitting to this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication, with the work being licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), which allows others to share the work, provided the authorship and initial publication in the journal are acknowledged.
The journal permits authors to maintain copyright and publishing rights without restrictions.
Authors are free to enter into separate agreements for the non-exclusive distribution of the journal's published version, such as posting it in an institutional repository or publishing it in a book, as long as the initial publication in the journal is acknowledged.
Authors are encouraged to share their work online (e.g., on personal websites or institutional repositories) before and during the submission process, as this can foster academic exchange and increase citation opportunities.
View My Stats
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.