BibTex Citation Data :
@article{JBS14492, author = {Mudji Rahardjo and Fuad Mas'ud and Sri S.}, title = {ANALISIS PENGARUH SUPPORT BASED RELATIONSHIP TERHADAP PEMBERDAYAAN KARYAWAN (STUDI KASUS PADA 5 BANK UMUM di KODYA SEMARANG)}, journal = {JURNAL BISNIS STRATEGI}, volume = {7}, number = {5}, year = {2017}, keywords = {support-based; employee-customer; empowerment}, abstract = { Kondisi persaingan bisnis perbankan nasional yang ketat saat ini menuntut perusahaan untuk berusaha memenuhi harapan konsumen dengan memberikan kepuasan pada nasabah. Untuk mengantisipasi perubahan-perubahan yang terjadi pada lingkungan bisnis perbankan, perusahaan secara efektif dan efisien melakukan re-evaluasi dan re-orientasi kepada kebutuhan nasabah sehingga perlu dilakukan pemberdayaan karyawan. Pemberdayaan karyawan dilakukan dalam organisasi perusahaan dengan focus pada penyediaan produk dan jasa bagi customer. Pemberdayaan karyawan pada dasarnya membentuk karyawan produktif dan berkomitmen. Pemberdayaan karyawan (Empowerment) melalui tiga dimensinya (personal, influence, self efficiency organizational relationships dan employee-customer relationships (Corsan dan Enz. 1999) Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengarus dan support-based relationships terhadap empowerment di bidang industri perbankan. Sample yang diambil dari 5 bank-bank umum di Madya Semarang. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini secara kuantitatif dengan analisis regresi berganda sedangkan secara kualitatif dengan tabulasi data. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah kesuksesan pemberdayaan dipengaruhi oleh lingkungan kerja dimana karyawan bekerja serta dukungan dari konsumen. Bagi perusahaan berkala global, empowerment dituntut untuk memberdayakan karyawan agar memiliki tanggungjawab dan kemampuan/keterampilan kerja yang lebih besar. Empowerment bukan hanya sekedar \"memberdayakan\" seorang tetapi juga merupakan sebuah proses untuk membebaskan seseorang dari struktur itu \"lingkungan\" yang kaku }, issn = {2580-1171}, pages = {59--71} doi = {10.14710/jbs.7.5.59-71}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jbs/article/view/14492} }
Refworks Citation Data :
Kondisi persaingan bisnis perbankan nasional yang ketat saat ini menuntut perusahaan untuk berusaha memenuhi harapan konsumen dengan memberikan kepuasan pada nasabah. Untuk mengantisipasi perubahan-perubahan yang terjadi pada lingkungan bisnis perbankan, perusahaan secara efektif dan efisien melakukan re-evaluasi dan re-orientasi kepada kebutuhan nasabah sehingga perlu dilakukan pemberdayaan karyawan. Pemberdayaan karyawan dilakukan dalam organisasi perusahaan dengan focus pada penyediaan produk dan jasa bagi customer. Pemberdayaan karyawan pada dasarnya membentuk karyawan produktif dan berkomitmen. Pemberdayaan karyawan (Empowerment) melalui tiga dimensinya (personal, influence, self efficiency organizational relationships dan employee-customer relationships (Corsan dan Enz. 1999)
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengarus dan support-based relationships terhadap empowerment di bidang industri perbankan. Sample yang diambil dari 5 bank-bank umum di Madya Semarang. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini secara kuantitatif dengan analisis regresi berganda sedangkan secara kualitatif dengan tabulasi data. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah kesuksesan pemberdayaan dipengaruhi oleh lingkungan kerja dimana karyawan bekerja serta dukungan dari konsumen. Bagi perusahaan berkala global, empowerment dituntut untuk memberdayakan karyawan agar memiliki tanggungjawab dan kemampuan/keterampilan kerja yang lebih besar. Empowerment bukan hanya sekedar "memberdayakan" seorang tetapi juga merupakan sebuah proses untuk membebaskan seseorang dari struktur itu "lingkungan" yang kaku
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2025-10-17 14:33:01
To have their manuscript accepted and published by Jurnal Bisnis Strategi, authors must complete the review process. Articles in Jurnal Bisnis Strategi are published under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), allowing readers to view, share, and adapt the material, including for commercial purposes, under the following conditions:
Attribution: Proper credit must be given to the authors, a link to the license must be provided, and any changes made must be indicated. This must be done in a reasonable way, but not in a manner that suggests the original author or licensor endorses your use.
ShareAlike: If you remix, transform, or build upon the work, your contributions must be distributed under the same license as the original.
No Additional Restrictions: You cannot impose legal terms or technological measures that restrict others from using the material as permitted by the license.
The copyright of the articles is assigned to the author(s), and they retain rights to the published work. Both the Editorial Team of Jurnal Bisnis Strategi and the author(s) work together to ensure that no errors, either in data or statements, are present in the published articles. Authors submitting to this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication, with the work being licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), which allows others to share the work, provided the authorship and initial publication in the journal are acknowledged.
The journal permits authors to maintain copyright and publishing rights without restrictions.
Authors are free to enter into separate agreements for the non-exclusive distribution of the journal's published version, such as posting it in an institutional repository or publishing it in a book, as long as the initial publication in the journal is acknowledged.
Authors are encouraged to share their work online (e.g., on personal websites or institutional repositories) before and during the submission process, as this can foster academic exchange and increase citation opportunities.
View My Stats
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.