skip to main content

ANALISIS PENGARUH TECHNOLOGY READINESS TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN TCASH DI KOTA SEMARANG

*Mirna Tria Pratiwi  -  Diponegoro University, Indonesia
Farida Indriani  -  Diponegoro University, Indonesia
J. Sugiarto  -  Diponegoro University, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan minat menggunakan TCASH di kota Semarang. Penelitian ini menguji pengaruh beberapa variabel terhadap minat menggunakan yaitu technology readiness, persepsi kemudahan, dan persepsi manfaat.

Sampel penelitian ini adalah pengguna smartphone di Kota Semarang, dengan jumlah sebanyak 105 orang. Pengambilan data dilaksanakan dengan menggunakan kuisioner, yang berisi 15 pertanyaan untuk menjawab 6 hipotesis yang diajukan. Metode analisis yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM) yang diolah dengan software AMOS 22.

Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, terdapat 5 hipotesis yang diterima dan 1 hipotesis yang ditolak. Uji hipotesis menunjukkan bahwa technology readiness berpengaruh signifikan positif terhadap persepsi kemudahan, persepsi manfaat, dan minat menggunakan. Persepsi kemudahan berpengaruh signifikan positif terhadap persepsi manfaat dan minat menggunakan. Untuk meningkatkan minat menggunakan TCASH dapat dilakukan dengan meningkatkan technology readiness dan persepsi kemudahan terhadap produk TCASH.

Fulltext View|Download
Keywords: Technology readiness; Persesi Kemudahan; Persepsi Manfaat

Article Metrics:

Last update:

  1. Fire disaster preparedness in urban kampongs (Case study of Kampong Kulitan Semarang)

    Sukawi, Gagoek Hardiman, R. Siti Rukayah. PROCEEDINGS OF THE 8TH INTERNATIONAL CONFERENCE ON ENGINEERING, TECHNOLOGY, AND INDUSTRIAL APPLICATIONS 2021 (8th ICETIA 2021): Engineering, Environment, and Health: Exploring the Opportunities for the Future, 2838 , 2024. doi: 10.1063/5.0184915

Last update: 2024-04-18 14:39:17

No citation recorded.