skip to main content

ANALISIS PENGARUH PENGINDERAAN PASAR, PEMASARAN KEWIRAUSAHAAN, KEMAMPUAN JARINGAN, DAN KEUNGGULAN BERSAING TERHADAP KINERJA PEMASARAN (Studi Pada UKM Makanan dan Minuman di Kota Semarang)

*Choirunnisa Choirunnisa  -  Diponegoro University, Indonesia
Augusty Tae Ferdinand  -  Diponegoro University, Indonesia
Farida Indriani  -  Diponegoro University, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah pengaruh penginderaan pasar, pemasaran kewirausahaan, kemampuan jaringan, dan keunggulan bersaing mempunyai pengaruh terhadap kinerja pemasaran pada UKM makanan dan minuman di Kota Semarang. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 200 responden UKM makanan dan minuman di Kota Semarang.  Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu probability sampling dengan metode simple random sampling. Alat analisis yang digunakan yaitu structural equation model (SEM) pada program AMOS. Hasil analisis data untuk model secara keseluruhan telah memenuhi kriteria Goodness Of Fit yaitu nilai chi-square = 213,800; probability = 0,059; CMIN/DF = 1,168; GFI = 0,901; AGFI = 0,875; TLI = 0,988; CFI = 0,989; RMSEA = 0,029. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa model penelitian yang diajukan dapat diterima. Penelitian ini mempunyai lima hipotesis dan sudah diuji, ada satu hipotesis yang ditolak dan empat diterima. H1 penginderaan pasar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing. Kemudian, H2 pemasaran kewirausahaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan jaringan, lalu H3 keunggulan bersaing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Selanjutnya H4 kemampuan jaringan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, dan H5 kemampuan jaringan memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja pemasaran.

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  Research Instrument
ANALISIS PENGARUH PENGINDERAAN PASAR, PEMASARAN KEWIRAUSAHAAN, KEMAMPUAN JARINGAN, DAN KEUNGGULAN BERSAING TERHADAP KINERJA PEMASARAN (Studi Pada UKM Makanan dan Minuman di Kota Semarang)
Subject Penginderaan Pasar, Pemasaran Kewirausahaan, Keunggulan Bersaing, Kemampuan Jaringan, dan Kinerja Pemasaran.
Type Research Instrument
  Download (250KB)    Indexing metadata
Keywords: Penginderaan Pasar; Pemasaran Kewirausahaa; Keunggulan Bersaing; Kemampuan Jaringan; dan Kinerja Pemasaran.

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-25 11:08:39

No citation recorded.