skip to main content

ANALISIS PENGARUH KEMAMPUAN PERUSAHAAN, DAYA RESPON RANTAI PASOK, DAN PRAKTIK MANAJEMEN RANTAI PASOK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DAN KINERJA PERUSAHAAN (Studi pada Rantai Pasok Pelumas Jawa Tengah)

*Rezky Kurniawan  -  Diponegoro University, Indonesia
Suyudi Mangunwihardjo  -  Diponegoro University, Indonesia
Mirwan Surya Perdhana  -  Diponegoro University, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis faktor yang mempengaruhi kinerja perusahaan dengan variabel praktik manajemen rantai pasok, daya respon rantai pasok, kemampuan perusahaan dan variabel keunggulan daya saing sebagai variabel intervening. Penelitian ini mengembangkan suatu model teoritis dengan mengajukan lima hipotesis yang akan diuji mengunakan Structural Equation Modelling (SEM) sebagai alat analisis. Responden dari penelitian ini adalah retailer pelumas Pertamina berjumlah 158 retailer yang tersebar di tujuh rayon di area Jawa Tengah dan Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja perusahaan dapat ditingkatkan dengan praktik manajemen rantai pasok yang memadai dan keunggulan daya saing perusahaan, serta kemampuan perusahaan berpengaruh positif terhadap keunggulan daya saing perusahaan. Namun daya respon rantai pasok tidak berpengaruh positif dalam meningkatkan kinerja perusahaan.

Fulltext View|Download
Keywords: Praktik Manajemen Rantai Pasok; Daya Respon Rantai Pasok; Kemampuan Perusahaan; Keunggulan Daya Saing; Kinerja Perusahaan.

Article Metrics:

Article Info
Section: Articles
Language : ID

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-17 20:35:37

No citation recorded.