skip to main content

Efek Kepemilikan Institusional, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Di BEI Tahun 2013-2017)

*Tagora Bangkit Pahala Simanjuntak  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Irene Rini Demi Pangestuti  -  Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kepemilikan insitutisional, profitabilitas, ukuran perusahaan dan pertumbuhan penjualan terhadap nilai perusahaan dengan struktur modal sebagai variabel intervening (studi di Perusahaan Manufaktur Listing di Bursa Efek Indonesia sejak 2013 sampai periode 2017). Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Analisis regresi linear berganda dilakukan dengan didasarkan pada hasil analisis data. Penelitian ini menyimpulkan beberapa hal sebagai berikut: Variabel kepemilikan institusional, profitabilitas dan ukuran perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap struktur modal. Pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh terhadap struktur modal. Kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas, ukuran perusahaan dan pertumbuhan penjualan berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Struktur modal berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan. Struktur modal dapat memediasi pengaruh kepemilikan institusional, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Struktur modal tidak dapat memediasi pengaruh pertumbuhan penjualan terhadap nilai perusahaan.
Fulltext View|Download
Keywords: kepemilikan institusional; profitabilitas; ukuran perusahaan; pertumbuhan; penjualan; struktur modal; nilai perusahaan

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-26 10:21:07

No citation recorded.