skip to main content

Studi Tentang Anteseden Prestasi Akademik Taruna dengan Persepsi Dukungan Organisasi Sebagai Variabel Moderator (Studi di Akademi Kepolisian)

Kristiyan Beorbel  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Fuad Mas'ud  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
*Mirwan Surya Perdhana  -  Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh nilai ujian nasional, nilai uji akademik, motivasi menjadi Taruna Akpol dan motivasi akademik terhadap prestasi belajar Taruna Akademi Kepolisian dengan persepsi dukungan organisasi sebagai variabel moderator. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif serta menggunakan Partial Least Squares (PLS) untuk menganalisis data. Sampel dalam penelitian ini adalah 146 Taruna. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel motivasi menjadi Taruna berpengaruh signifikan positif terhadap motivasi akademik dan prestasi akademik. Variabel nilai uji akademik berpengaruh signifikan positif terhadap prestasi akademik dan variabel persepsi dukungan organisasi (POS) memoderasi pengaruh motivasi akademik terhadap prestasi akademik. Variabel nilai ujian nasional ternyata memiliki pengaruh signifikan negatif terhadap motivasi akademik. Variabel anteseden pada penelitian ini hanya mampu menjelaskan sebagian kecil dari prestasi akademik. Penelitian ini memiliki keterbatasan dan diperlukan penelitian lanjutan untuk mengetahui variabel lain yang memiliki signifikansi terhadap prestasi akademik Taruna Akpol. Beberapa implikasi manajerial serta rekomendasi penelitian yang akan datang telah diajukan dalam penelitian ini.
Fulltext View|Download
Keywords: Prestasi Akademik; Motivasi Akademik; Persepsi Dukungan Organisasi; Nilai Ujian Nasional; Nilai Ujian Akademik; Motivasi menjadi Taruna Akademi Kepolisian

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-26 04:49:18

No citation recorded.