BibTex Citation Data :
@article{J@TI1490, author = {Arfan Bakhtiar and Bambang Purwanggono}, title = {ANALISIS IMPLEMENNTASI SISTEM MANAJEMEN KUALITAS ISO 9001:2000 DENGAN MENGGUNAKAN GAP ANALYSIS TOOLS (Studi Kasus di PT PLN (Persero) PIKITRING JBN Bidang Perencanaan)}, journal = {J@ti Undip: Jurnal Teknik Industri}, volume = {4}, number = {3}, year = {2012}, keywords = {}, abstract = { PT PLN (Persero) PIKITRING Jawa, Bali & Nusa Tenggara menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001:2000 untuk sistem manajemen mutu standar di bidang Perencanaan. Tujuan dari penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2000 adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya kualitas untuk kelangsungan hidup perusahaan. Persyaratan dokumen Sistem Mutu ISO 9001:2000 proses sertifikasi telah dibuat PT PLN (Persero) PIKITRING Jawa, Bali & Nusa Tenggara Perencanaan. Tetapi dalam pelaksanaan dokumen-dokumen ini tidak dijalankan seperti yang diharapkan. Jadi untuk mengidentifikasi kesenjangan antara penerapan sistem manajemen mutu perusahaan dokumen-dokumen ini digunakan alat analisis kesenjangan. Setelah celah di perusahaan itu diketahui, maka dapat digunakan untuk meningkatkan standar dan sistem manajemen kualitas juga meningkatkan efektivitas keseluruhan dari sistem manajemen mutu di PT PLN (Persero) PIKITRING Jawa, Bali & Nusa Tenggara Perencanaan. Dari hasil penilaian yang dilakukan telah ditemukan bahwa PT PLN (Persero) PIKITRING Jawa, Bali & Nusa Tenggara Perencanaan memiliki nilai rata-rata di atas 75% sehingga dapat dikatakan telah siap untuk menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001:2000 dan memenuhi persyaratan untuk sertifikasi ISO 9001: 2000. Kata kunci : PT. PLN, ISO 9001:2000,manajemen kualitas PT PLN (Persero) PIKITRING Java, Bali & Nusa Tenggara implementing quality management system ISO 9001:2000 for quality management system standard in the field of Planning. The purpose of the application of quality management system ISO 9001:2000 is to raise awareness of the importance of quality for the survival of the company. Requirements documents Quality System to ISO 9001:2000 certification process has been made of PT PLN (Persero) PIKITRING Java, Bali & Nusa Tenggara Planning. But in the implementation of these documents have not executed as expected. So to identify the gap between the implementation of quality management systems in the company of these documents are used gap analysis tools. After a gap in the company is known, then it can be used to improve standards and quality management systems also increase the overall effectiveness of the quality management system is in PT PLN (Persero) PIKITRING Java, Bali & Nusa Tenggara Planning. From the results of the assessment was done, it was found that PT PLN (Persero) PIKITRING Java, Bali & Nusa Tenggara Planning have average values above 75% so it can be said to have ready to apply the quality management system ISO 9001:2000 and eligible for ISO 9001 certification: 2000. Keyword : PT. PLN, ISO 9001 : 2000, quality management }, issn = {2502-1516}, pages = {163--170} doi = {10.12777/jati.4.3.163-170}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jgti/article/view/1490} }
Refworks Citation Data :
PT PLN (Persero) PIKITRING Jawa, Bali & Nusa Tenggara menerapkan sistem manajemen mutu ISO9001:2000 untuk sistem manajemen mutu standar di bidang Perencanaan. Tujuan dari penerapan sistemmanajemen mutu ISO 9001:2000 adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya kualitasuntuk kelangsungan hidup perusahaan. Persyaratan dokumen Sistem Mutu ISO 9001:2000 prosessertifikasi telah dibuat PT PLN (Persero) PIKITRING Jawa, Bali & Nusa Tenggara Perencanaan. Tetapidalam pelaksanaan dokumen-dokumen ini tidak dijalankan seperti yang diharapkan. Jadi untukmengidentifikasi kesenjangan antara penerapan sistem manajemen mutu perusahaan dokumen-dokumenini digunakan alat analisis kesenjangan. Setelah celah di perusahaan itu diketahui, maka dapat digunakanuntuk meningkatkan standar dan sistem manajemen kualitas juga meningkatkan efektivitas keseluruhandari sistem manajemen mutu di PT PLN (Persero) PIKITRING Jawa, Bali & Nusa TenggaraPerencanaan. Dari hasil penilaian yang dilakukan telah ditemukan bahwa PT PLN (Persero) PIKITRINGJawa, Bali & Nusa Tenggara Perencanaan memiliki nilai rata-rata di atas 75% sehingga dapat dikatakantelah siap untuk menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001:2000 dan memenuhi persyaratan untuksertifikasi ISO 9001: 2000.Kata kunci : PT. PLN, ISO 9001:2000,manajemen kualitas
PT PLN (Persero) PIKITRING Java, Bali & Nusa Tenggara implementing quality management systemISO 9001:2000 for quality management system standard in the field of Planning. The purpose of theapplication of quality management system ISO 9001:2000 is to raise awareness of the importance ofquality for the survival of the company. Requirements documents Quality System to ISO 9001:2000certification process has been made of PT PLN (Persero) PIKITRING Java, Bali & Nusa TenggaraPlanning. But in the implementation of these documents have not executed as expected. So to identify thegap between the implementation of quality management systems in the company of these documents areused gap analysis tools. After a gap in the company is known, then it can be used to improve standardsand quality management systems also increase the overall effectiveness of the quality management systemis in PT PLN (Persero) PIKITRING Java, Bali & Nusa Tenggara Planning. From the results of theassessment was done, it was found that PT PLN (Persero) PIKITRING Java, Bali & Nusa TenggaraPlanning have average values above 75% so it can be said to have ready to apply the qualitymanagement system ISO 9001:2000 and eligible for ISO 9001 certification: 2000.Keyword : PT. PLN, ISO 9001 : 2000, quality management
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2024-11-13 20:19:03
Penulis yang mempublikasikan artikel pada jurnal J@ti Undip : Jurnal Teknik Industri ini setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
View statistics of J@ti Undip:
Articles in J@ti Undip are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License