skip to main content

PENILAIAN USABILITAS UNTUK SITUS e-COMMERCE (STUDI KASUS SITUS www.lazada.co.id dan www.mataharimall.com)

*Dian Palupi Restuputri  -  Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Usabilitas merupakan syarat dari suatu situs E-commerce. Hal ini disebabkan apabila konsumen tidak dapat belanja dengan mudah, maka situs online  tidak akan berguna. Penelitian ini bertujuan menilai dua situs e-commerce di Indonesia yaitu lazada dan mataharimall. Lazada adalah toko perbelanjaan online yang menawarkan berbagai jenis merk terkenal. Saat ini Lazada adalah situs e-commerce terbesar di Indonesia. Sedangkan mataharimall adalah e-commerce yang menawarkan berbagai jenis produk seperti pakaian, kosmetik dan kesehatan, elektronik dll. Mataharimall merupakan salah satu situs terlengkap di Indonesia. Variable usabilitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah 9 variable usabilitas yang digunakan dari model dasar Restuputri dan Yasierli (2014). Hasil dari penelitian ini yaitu 9 variable usabilitas ini valid untuk mengukur usabilitas di situs e-commerce jenis B2C (Bussiness to Customer) yaitu lazada dan jenis O2O (Online-to-Offline dan Offline-to-Online) yaitu mataharimall. Variabel yang perlu dilakukan perbaikan baik dari situs lazada maupun matahari yaitu variabel antara lain Bantuan, Kepuasan, Kualitas Informasi, Kehandalan, Jaminan dan Kontrak Perusahaan, Keamanan dan Fasilitas dan Universality. Untuk variabel Navigasi dan Indikator Waktu tidak perlu dilakukan tindakan perbaikan karena berada di kuadran ke empat yang artinya dinilai tidak penting maupun tidak puas

 

Abstract

Usability is key from e-commerce. If a customer doesn’t like the site, customer simply looks for another e-commerce site to buy products from. This research assesses two largest e-commerce in Indonesia, which is lazada and mataarimall. Lazada is an online mall, offering a large selection of the world’s most popular brands. Currently, Lazada Indonesia is the nation’s leading business-to-consumer ecommerce site. MatahariMall is an ecommerce venture from the Lippo Group, offering one of the largest and most complete marketplaces in Indonesia. It covers fashion, health and beauty, electronics, home, groceries, books, and entertainment. Variables that used in this research based on research Restuputri and Yasierli (2014). The Results from this research is 9 variable is valid and reliable for measuring Lazada that have type e-commerce B2C (Bussiness to Customer) and  Mataharimall that have type e-commerce O2O (Online to Offline and Offline to Online). There are 7 Variables that need to be improved in lazada and mataharimall, the variable are Assistance, Satisfaction , Quality of Information , Reliability , Asurance and Company Contacts , Security and Facility and Universality. For variable Navigation and Time Indicator is not necessary corrective action because it is in the fourth quadrant , which means considered not important nor dissatisfied

Fulltext View|Download
Keywords: e-commerce, usabilitas, user friendly

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-12-26 04:14:51

No citation recorded.