PENGARUH KEERGONOMISAN STASIUN KOMPUTER GAME NET PADA RISIKO GANGGUAN OTOT-RANGKA

*Yassierli Yassierli scopus  -  Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Bandung, Indonesia
Diaz Abdul Aziiz Irawan  -  Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Bandung, Indonesia
Kartika Kusuma Pratiwi  -  Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Bandung, Indonesia
Published: 31 May 2018.
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Research Articles
Language: ID
Full Text:
Statistics: 554 456
Abstract

Abstrak

Maraknya pengguna online game memicu terjadinya peningkatan jumlah penyedia jasa bermain game net dengan pengguna anak-anak, namun stasiun komputer yang digunakan ditujukan untuk pengguna dewasa. Akibatnya, muncul isu ergonomi yang dapat mengakibatkan keluhan otot rangka dengan salah satu indikatornya adalah kelelahan otot rangka. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh keergonomisan stasiun komputer game net dan dampaknya terhadap tingkat kelelahan otot jari tangan pada anak-anak pengguna online game. Metode penelitian dilakukan dengan wawancara pengguna game net (n=166), survei keergonomisan game net (n=18) dan dilanjutkan dengan eksperimen. Pada eksperimen, sebanyak 36 anak (usia 12 tahun) direkrut secara random sebagai partisipan dan diminta bermain selama 4 jam di stasiun komputer game net yang dikategorikan ergonomis dan non-ergonomis berdasarkan hasil survei. Pengukuran kelelahan dilakukan menggunakan tiga tes kekuatan otot jari tangan, yakni tip pinch, key pinch, dan palmar pinch secara bergantian untuk tangan kanan dan kiri setiap satu jam. Kelelahan didefiniskan sebagai kecepatan pengurangan dari kekuatan maksimum terhadap waktu. Berdasarkan hasil uji komparasi t-berpasangan, disimpulkan bahwa keergonomisan stasiun komputer berpengaruh signifikan terhadap tingkat kelelahan yang diukur melalui tip pinch dan key pinch untuk tangan kanan dan tangan kiri (p<0.05). Hasil penelitian ini menunjukkan pentingnya faktor ergonomi dalam rancangan stasiun komputer game net untuk mencegah gangguan otot-rangka.

 

Abstract

[Effect of Non-ergonomic Game Net Computer Station on Risks of Musculockeletal Disorders] The number of game net computer station providing online game has dramatically increased in Indonesia. The majority of game net users are children, but the computer stations are designed for adult users. This study was aimed at determining the effect of non-ergonomic game net computer station and its impact on the development of muscle fatigue on children finger. The study consisted of interview of game net users (n=166), survey of game net condition (n=18), and experiment. In the experiment, a total of 36 children (aged 12 years) were recruited as the participant. They were asked to play at both ergonomic and non-ergonomic game net computers for 4 hours. Fatigue development was measured using strength tests of finger muscle, including tip pinch, key pinch, and palmar pinch alternately for the left and right hands in every hour. Fatigue is defined as the rate of reduction in maximum strength by time. Based on t-paired comparison test, it was concluded that the ergonomics condition of computer stations had significant effect on the level of fatigue of children measured through key tip pinch and pinch for the right hand and left hand (p <0.05). The results of this study indicated the importance of ergonomic factors in the design of game net computer station in order to prevent complaint at musculoskeletal system.

 

Keywords: Fatigue, Complaint; Musculoskeletal, Computer; Ergonomics 
Keywords
Kelelahan; Keluhan otot-rangka; Computer; Ergonomi

Article Metrics: