skip to main content

USABILITY TESTING PADA APLIKASI MOBILE JKN BPJS KESEHATAN MENGGUNAKAN DOMAIN SPECIFIC INSPECTION

*Berty Dwi Rahmawati  -  Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Pertumbuhan Internet dan teknologi memungkinkan setiap orang mendapatkan setiap informasi secara praktis dan efisien. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan atau biasa disebut BPJS Kesehatan merupakan Badan Hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial nasional dalam bidang kesehatan untuk seluruh rakyat Indonesia. Perkembangan pesat dalam variabel jumlah peserta terus ditunjukkan oleh BPJS kesehatan setelah 5 tahun beroperasi. Hal ini dapat tercapai karena tingkat kepercayaan masyarakat yang semakin tinggi terhadap layanannya. Indeks kepuasan peserta terus mengalami peningkatan dari 75% menjadi 78,6% pada tahun 2016. Seiring dengan peningkatan indeks kepuasan tersebut, pada tahun 2017 BPJS Kesehatan meluncurkan aplikasi Mobile JKN agar pesertanya dapat secara mudah melakukan pengunduhan data peserta BPJS. Teknologi ini perlu terus dievaluasi dengan metode evaluasi kegunaan untuk mengukur efisiensi, efektivitas, dan menilai kepuasan pengguna. Evaluasi kegunaan ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi masalah usabilitas yang muncul dalam pecahan kecil system aplikasi mobile JKN. Metode usabilitas yang digunakan adalah Domain Specific Inspection. Hasil dari penelitian ini adalah nilai efisiensi sebesar >75% pada repetisi kelima. Atribut efektifitas bernilai 3,91 dari skala 5 dan atribut satisfaction bernilai 3,39.

 

Abstract

[Title: Usability Testing on BPJS Kesehatan Mobile JKN Application  Using Domain Specific Inspection] The growth of Internet and related technology enables everyone to get every information needed in a practical and efficient manner. The Health Social Security Organizing Agency (BPJS Kesehatan) is a legal entity established to organize a national social program in the health sector for all Indonesian. Rapid development in number of participants continued to be shown by health BPJS after 5 years of the operation. This can be achieved due to public trust escalation. Participant satisfaction index continued to increase from 75% to 78.6% in 2016. Along with the increase in the satisfaction index, in 2017 BPJS Kesehatan launched the Mobile JKN application so that participants could easily download BPJS service and personal data. This technology needs to be continually evaluated using Usability Testing methods to measure efficiency, effectiveness, and user satisfaction. This usability evaluation also aims to identify usability problems that arise in a minor fraction of the JKN mobile application system. Method used in this study is Domain Specific Inspection. The results of this study are obtained as follow, efficiency value is higher than 75% after five repetition, effectiveness value achieve 3.91 of scale 5, and user satisfaction value achieve 3.39.

Keywords: Application, BPJS Kesehatan; Domain Specific Inspection; Usability Testing

 

Fulltext View|Download
Keywords: Aplikasi, BPJS Kesehatan; Domain Specific Inspection; Evaluasi Kegunaan

Article Metrics:

Last update: 2021-06-21 18:41:28

No citation recorded.

Last update: 2021-06-21 18:41:28

No citation recorded.