skip to main content

METODE ANALISIS SWOT BERBASIS ECOTOURISM DAN MULTI-ATTRIBUTE UTILITY THEORY UNTUK PENGEMBANGAN KAWASAN DESA WISATA LEREP, KABUPATEN SEMARANG

*Harum Sintawati  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Muhammad Mufti Umam  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
M. Mujiya Ulkhaq  -  Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Desa Wisata Lerep merupakan objek wisata yang berada di Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, yang berpotensi sebagai destinasi pariwisata apabila dikembangkan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal pada kawasan Desa wisata Lerep berbasis ekowisata (ecotourism), mengembangkan strategi ecotourism dengan menggunakan strength-weakness-opportunity-threat (SWOT) analysis, dan memprioritaskan strategi ecotourism dengan menggunakan model multi-attribute utility theory (MAUT). Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan pengisian kuesioner. Pihak yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah perwakilan dari Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang, pengelola tempat wisata yang ada di desa wisata, warga lokal, dan wisatawan yang mengunjungi desa wisata. Hasil pengolahan menunjukkan bahwa Kawasan Desa Wisata Lerep memiliki delapan faktor yang merupakan kekuatan, sembilan faktor yang merupakan kelemahan, empat faktor yang merupakan peluang, dan tiga faktor merupakan ancaman terhadap pengembangan Kawasan Desa Wisata Lerep. Hasil pengolahan data juga menunjukkan bahwa terdapat lima strategi yang menjadi prioritas untuk pengembangan objek wisata Kawasan Desa Wisata Lerep.

 

Abstract

[ECOTOURISM-BASED SWOT ANALYSIS AND MULTI-ATTRIBUTE UTILITY THEORY FOR THE DEVELOPMENT OF LEREP TOURIST VILLAGE, SEMARANG] Lerep Tourist Village is a tourist attraction in Semarang which has a potential to be a tourist destination if it is well developed. This study aims to identify internal and external factors in the Lerep Tourist Village based on ecotourism, to develop ecotourism strategies using strength-weakness-opportunity-threat (SWOT) analysis, and to prioritize ecotourism strategies using multi-attribute utility theory (MAUT). Data were collected through observation, interviews, and questionnaires. The respondents were the representatives of the Government Tourism Office of Semarang, managers of tourist attractions, local residents, and tourists. The result shows that the Tourist Village has eight strong factors, nine weak factors, four factors which are opportunities, and three factors which are threats to the development of the Tourist Village. The result also shows that there are five strategies to be prioritized for the development of the tourist destination.

Keywords: business strategy; ecotourism; MAUT model; SWOT; tourist destination

Fulltext View|Download
Keywords: ecotourism; model MAUT; strategi bisnis; SWOT; kawasan wisata

Article Metrics:

  1. Ahmed, B, M. A., (2015) Social and cultural impacts of tourism growth in coastal environments and the potential for sustainability: case study of Egypt and USA. International Journal of Arts and Humanities, 1(2), 32-48
  2. Belsoy, J., Korir, J., & Yego, J. (2012) Environmental impacts of tourism in protected areas. Journal of Environment and Earth Science, 2(10), 64-74
  3. David, F. R. (2009). Strategic Management: Manajemen Strategis Konsep. Jakarta [ID]. Penerbit Salemba Empat
  4. Farizi, D. D., & Warganegara, L. A. (2023). Analisis SWOT terhadap pengelolaan arsip dinamis di BPJS ketenagakerjaan Cabang Bandar Lampung. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 3(2), 323-328
  5. Ghorbani, A., Raufirad, V., Rafiani, P., Azadi, H., 2015. Ecotourism Sustainable Development using SWOT and QSPM model: a case study of Kaji Namakzar Wetland, South Khorasan Province, Iran. Tourism Management Perspective, 16, 290-297
  6. Ioppolo, G., Saija, G., & Salomone, R. (2013). From coastal management to environmental management: the sustainable eco-tourism
  7. program for the mid-western of Sardinia (Italy), Land Use Policy, 31( 2013), 460-471
  8. Kusumaningrum, Dian. (2009). Persepsi Wisatawan Nusantara Terhadap Daya Tarik Wisata di Kota Palembang. Tesis Program Studi. Magister Kajian Pariwisata. Universitas Gadjah Mada
  9. Muliawan, H, 2008, Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat Konsep dan Implementasi. tanpa kota: tanpa penerbit
  10. Prisdina, N. B., & Fatururrahman, M. (2023). Analisis penerapan strategi pemasaran peralatan pelabuhan dengan menggunakan pendekatan analisis SWOT pada PT Towin Innoven. Jurnal Lentera Bisnis, 12(1), 42-55
  11. Stefanopoulos, K., et. al. (2014) Application of the multi-attribute value theory for engaging stakeholders in groundwater protection in the Vosvozis catchment in Greece. Science of the Total Environment, 470, 26-33
  12. Surendran, A., & Sekhar, C. (2011). A Comparative Analysis on the Socio-Economic Welfare of Dependents of the Anamalai Tiger Reserve (ATR) in India. Margin: The Journal of Applied Economic Research, 5(3), 361-379
  13. Utomo, F. A., & Kusnadi, K. (2023). Penentuan Strategi Pemasaran pada Distro X Karawang Menggunakan Analisis SWOT dan Quantitative Strategic Planning Matrix. Jurnal Serambi Engineering, 8(1)

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-03-29 12:57:01

No citation recorded.