skip to main content

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN VIA INTERNET PADA TOKO ONLINE

*Mujiyana Mujiyana  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Ingge Elissa  -  Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian via internet pada Toko Online. Perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat termasuk internet membawa dampak yang besar bagi segala aspek, tidak terkecuali perkembangan dunia bisnis dan pemasaran. Hal ini tidak aneh mengingat jumlah pengguna internet yang terus tumbuh pesat dapat menjadi sebuah pasar yang potensial untuk dimasuki para pebisnis. Di lain pihak, praktik e-commerce dan e-bisnis ternyata mempunyai banyak keuntungan baik bagi perusahaan atau pun konsumen.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya program periklanan, pemasaran melaui E-mail dan Kepercayaan konsumen terhadap pemrosesan informasi serta pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian produk-produk yang dijual di Toko Online. Penulisan ini menggunakan metode uji validitas dan relibilitas, uji normalitas, uji penyimpangan asumsi klasik seperti uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas dan uji regresi linier berganda seperti uji t, uji f dan uji korelasi berganda dan determinasi, Analisis model persamaan struktural (structural equestion metode).

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah variabel program periklanan menunjukkan bahwa pengaruh yang besar terhadap variabel pemprosesan informasi dengan nilai 0,001 dan variabel pemprosesan informasi mempunyai pengaruh langsung terhadap keputusan pembelian dengan nilai 0,001. Mengindikasikan bahwa variabel independen berpengaruh signifikan secara positif pada tingkat signifikansi sebesar 5%.

Kata Kunci : periklanan di Internet, keputusan pembelian, E-commerce

 

Abstract

 

This study analyzes the influence of factors that affect the purchasing decision via the internet at Online stores. The development of rapid information technologies including the internet brings great impact for all aspects, no exception to business and marketing world. This is no surprise given the number of internet users continues to grow by leaps and bounds can be a potential market to enter the business. On the other hand, the practice of e-commerce and e-business turned out to have a lot of advantages both for companies or consumers.

The purpose of this research is to know the existence of the program via E-mail advertising, marketing and consumer confidence as well as information processing to its influence on the decision to purchase products on sale in the Online store. Writing this using the method of test validity and reliability test, test the normality assumption deviation classics such as relevant test and heteroskedastisitas test and multiple linear regression tests such as t-test, f-test and test multiple correlation and determination, structural equation model Analysis (structural equestion metode).

The results obtained from this research is variable advertising program indicate that a major effect of the variable with a value of 0.001 information processing and information processing variables have a direct influence on purchasing decisions with a value of 0.001. Indicates that the independent variable effect significantly positively on the level of significance of 5%.

Keywords : advertising on the internet, purchasing decisions, E-Commerce

Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

  1. Pengaruh Kepercayaan Merek, Citra Merek, dan Promosi Terhadap Keputusan Pemilihan Platform Pembelian Buah dan Sayur Online

    Diane Novi Utami, Lucyana Trimo, M. Gunardi Judawinata, Eti Suminartika. Jurnal Agribisnis Indonesia, 11 (1), 2023. doi: 10.29244/jai.2023.11.1.64-74

Last update: 2024-04-17 03:02:24

  1. E-Marketing of Coffee Products

    Fahmi P.. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 127 (3), 2019. doi: 10.1088/1757-899X/662/3/032055
  2. Consumer behavior analysis of intention to buy on social commerce in Indonesia

    Hartanto A.. International Journal of Mechanical Engineering and Technology, 2019.
  3. Use of internet as product marketing media using internet marketing method

    Soegoto E.. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 127 (1), 2018. doi: 10.1088/1757-899X/407/1/012053