Implementasi E-Commerce B2C Bahasa Jawa untuk UMKM Jolali KaoSemarang

*Satriyo Adhy  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Published: 31 Oct 2015.
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Research Article
Language: EN
Full Text:
Statistics: 1039 1521
Abstract
Jolali KaoSemarang adalah UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) yang memproduksi kaos dan souvenir dengan desain kreatif. Jolali KaoSemarang memiliki dua lini yaitu produksi pemesanan kaos custom dan lini produksi kaos yang menunjukkan kekhasan kota Semarang. Aplikasi E-Commerce Jolali dikembangkan dengan mengangkat tema Bahasa Jawa sebagai unsur tambah komunikasi antara Jolali dan pelanggan. Aplikasi e-commerce bahasa Jawa dibangun secara iteratif dengan beberapa rilis. Metode tersebut mengadaptasi metode DSDM (Dynamic System Development Method) yang merupakan salah satu metode pengembangan perangkat lunak tangkas.  Aplikasi E-Commerce Jolali yang dihasilkan dapat membantu Jolali KaoSemarang untuk memperluas pemasaran, mempermudah pengolahan produk dan transaksi dan dapat memfasilitasi pemesanan produk dari jarak jauh tanpa harus bertatap muka. Fitur Bahasa Jawa sebagai bahasa komunikasi antara pihak Jolali dan Pelanggan telah diimplementasikan sehingga dapat lebih mempererat hubungan kedua belah pihak.
Keywords
UMKM Jolali; E-Commerce; DSDM; Bahasa Jawa; Komunikasi

Article Metrics: