skip to main content

Aplikasi Pengenalan Kepribadian Tipe Myers Briggs Menggunakan Metode Fuzzy Saw Berbasis Android

Published: 2 Jun 2020.
Editor(s): Jurnal Masyarakat Informatika
Open Access Copyright (c) 2020 JURNAL MASYARAKAT INFORMATIKA

Citation Format:
Abstract
Tes kepribadian atau psikotes merupakan suatu kegiatan pengukuran atau penilaian melalui upaya yang sistematik untuk mengungkap aspek-aspek psikologi tertentu dari individu. Salah satu tes kepribadian yang akurat adalah MBTI (Myer Briggs Type Indicator). Hasil tes MBTI dapat digunakan untuk pertimbangan dalam pekerjaan atau perkuliahan, mengetahui kekuatan dan kelemahan diri, dan menjalin hubungan dengan orang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan aplikasi pengenalan kepribadian MBTI berbasis android. Penelitian ini memaanfaatkan metode fuzzy SAW dalam penghitungan perangkingan alternatif untuk keempat skala kecenderungan, yaitu skala kecenderungan Introvert-Ekstrovert, Sensing-Intuitive, Thinking-Feeling, dan Judging-Perceiving. Kriteria yang digunakan adalah berupa pernyataan sebanyak 10 buah untuk masing-masing skala kecenderungan, dengan alternatif berupa kode sifat masing-masing skala kecenderungan, yaitu I atau E, S atau N, T atau F, dan J atau P. Hasil akhir berupa gabungan huruf dari alternatif menjadi salah satu dari keenambelas tipe kepribadian. Aplikasi dibangun dengan menggunakan ionic framework dan berbasis android pada bagian front-end, sedangkan pada bagian back-end dibangun dengan menggunakan CodeIgniter dan berbasis web. Server melayani kebutuhan data bagi aplikasi dengan menggunakan RESTful API. Aplikasi pengenalan kepribadian MBTI telah lolos semua kasus uji fungsionalitas dan uji pengguna dengan hasil uji pengguna berupa sangat baik sebesar 85.3%, sedangkan untuk akurasi pengenalan kepribadian mencapai nilai 93.75%
Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

  1. Thinking Trajectory of Students with Thinking and Feeling Personality Types in Solving Algebra Problems

    Rhomiy Handican, Laswadi, Jamaris Jamna, Solfema. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 6 (1), 2023. doi: 10.23887/jp2.v6i1.53957

Last update: 2024-11-17 12:29:20

No citation recorded.